MAN 1 Bengkulu Utara Laksanakan Asasemen Nasionl Berbasis Komputer (ANBK) 2024

Bengkulu Utara ( Humas ) MAN 1 Bengkulu Utara sukses melaksanakan Asasemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024 pada Rabu-Kamis (21-22/8/2024). ANBK 2024 ini diikuti oleh 45 peserta utama yang diambil acak dari siswa kelas XI dan 5 peserta cadangan. Bertempat di laboratorium komputer MAN 1 Bengkulu Utara kegiatan ANBK terbagi menjadi tiga sesi yaitu sesi 1 dimulai pikul 07.30 – 09.30, sesi dua pukul 10.00 – 12.00 sedangkan sesi 3 pukul 14.00 – 16.00 WIB dan masing-masing sesi diikuti oleh 15 orang siswa.

Di bawah koordinator wakil kepala kurikulum Sunardi, S.Pd dan proktor Yudianto Agung, S.Pd kegiatan ANBK ini berlangsung dengan lancar dan sukses karena didukung oleh jaringan internet madrasah yang baik.

Asasemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap  mutu madrasah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa. ANBK meliputi Asasemen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur Literasi dan Survey Karakter serta Numerasi dan Survey lingkungan Belajar.

Sementara itu Jemi Sundaya, S.Pd M.Pd selaku kepala MAN 1 Bengkulu Utara berharap "dengan pelaksanaan ANBK ini dapat mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis terutama dalam bidang literasi dan numerasi karena  ANBK ini memberi kesempatan pada siswa yang terpilih untuk berlatih dan memahami soal-soal berbasis literasi dan numerasi. "jelasnya

“Alhamdulillah selama pelaksanaan ANBK berlangsung tanpa kendala yang berarti. Semua tahapan kami laksanakan sesuai dengan petunjuk teknis  yang ada dan jaringan internet yang memadai, jelas Yudianto Agung, S.Pd selaku proktor. ( Apriani/Yn )

 


TERKAIT

Berita LAINNYA