KUA Taba Penanjung Bengkulu Tengah Prioritaskan Samawa Dalam Bimwin Mandiri

Kegiatan ini dilaksanakan  langsung oleh Kepala KUA Taba Penanjung,Bambang Indarto, S. Sos. I  serta Penyuluh dan penghulu. Selain itu, turut hadir Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), pak Samsul dan ibu Apriani dari Puskesmas setempat

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Kantor Urusan Agama (KUA) Taba Penanjung mengadakan kegiatan bimbingan pra-nikah bagi pasangan calon pengantin pada senin, (05/08/24). Acara yang berlangsung di Balai Nikah KUA Taba Penanjung ini dimulai pukul 9.30 WIB, bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada calon pengantin mengenai berbagai aspek kehidupan berumah tangga.

Kegiatan ini dilaksanakan  langsung oleh Kepala KUA Taba Penanjung,Bambang Indarto, S. Sos. I  serta Penyuluh dan penghulu. Selain itu, turut hadir Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), pak Samsul dan ibu Apriani dari Puskesmas setempat.

Sebagai kepala Kantor Urusan Agama ( KUA), Bambang Indarto menyampaikan pentingnya bimbingan pra-nikah sebagai persiapan mental dan spiritual bagi pasangan yang akan memasuki gerbang pernikahan. 

 “Bimbingan pra-nikah ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada pasangan calon pengantin mengenai hak dan kewajiban dalam rumah tangga, serta bagaimana membangun keluarga yang harmonis dan sejahtera,"jelas Bambang 

Materi yang disampaikan dalam bimbingan ini meliputi aspek kesehatan reproduksi dan psikologi oleh bidan Apriani serta perencanaan keluarga dan kesehatan ibu dan anak oleh  pak Samsul. Bidan Apriani menekankan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan mengajarkan cara-cara untuk merawat kesehatan keluarga. "Penting bagi pasangan untuk memahami kesehatan reproduksi dan memastikan mereka siap secara fisik dan mental untuk menjalani kehidupan berkeluarga," kata bidan Apriani. 

Sementara itu, pak Samsul dari PLKB memberikan penjelasan mengenai pentingnya perencanaan keluarga dan penggunaan alat kontrasepsi. “Dengan perencanaan keluarga yang baik, kita dapat memastikan kesejahteraan keluarga dan mendukung kesehatan ibu dan anak,” ungkap Samsul. 

Lima pasang calon pengantin dalam bimbingan pra-nikah ini sangat aktif dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian acara yaitu Mesfi Dwi Putri dan Wildan Khotba Dewa, Fitri Yanti dan Rahmat Pirnanda, Oxy Erna Sari dan M. Subrianto, Fuji Utari dan Hartono, serta Eni Lestari dan Reky Ukardo.  Mereka menyatakan bahwa informasi yang diberikan sangat bermanfaat sebagai bekal untuk memulai kehidupan baru sebagai pasangan suami istri.

Acara ditutup dengan sama-sama mengucapkan lafadz Alhamdulillahirabbail'alamiin dengan harapan agar semua pasangan calon pengantin yang hadir dapat membangun keluarga yang bahagia dan harmonis, tentunya sakinah mawaddah warahmah. (RW)


TERKAIT

Berita LAINNYA