KUA Ratu Samba, Pendataan Masjid Percontohan

Gelar Pendataan Masjid Percontohan, PAI Ratu Samban :"Masjid Yang Memenuhi Kriteria Akan Mendapat Perhatian Khusus Pengembangan Potensi"

Kota Bengkulu (Humas) -- Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ratu Samban telah memulai program pendataan masjid percontohan di berbagai kelurahan di wilayah Kecamatan Ratu Samban. Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menetapkan masjid-masjid yang memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai masjid percontohan di tingkat kota dan provinsi atau bahkan di tingkat nasional.

Pendataan ini mencakup berbagai aspek penting dari masjid, mulai dari manajemen dan administrasi, kegiatan keagamaan, fasilitas, hingga peran sosial masjid dalam masyarakat. Adapun kriteria penilaian meliputi kepengurusan masjid yang baik, kegiatan dakwah yang rutin dan berkualitas, serta kemampuan masjid dalam menjadi pusat pengembangan masyarakat.

Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Kecamatan Ratu Samban Lenda Surepi, MH. menyampaikan “Setiap masjid yang terpilih sebagai masjid percontohan nantinya akan mendapatkan pembinaan khusus, dukungan fasilitas, serta pelatihan bagi pengurusnya”. Ujarnya.

Selama proses pendataan, tim KUA Kecamatan Ratu Samban juga memberikan bimbingan dan pembinaan kepada pengurus masjid mengenai cara-cara terbaik dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada. natinya masjid-masjid yang terpilih sebagai percontohan akan mendapatkan dukungan tambahan berupa pelatihan, bantuan fasilitas, dan akses ke berbagai program peningkatan kapasitas.

''Program ini telah dimulai dengan pendataan di sejumlah masjid di berbagai kelurahan di wilayah Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu. Beberapa masjid yang telah dinyatakan memenuhi kriteria awal akan mendapatkan perhatian khusus dari KUA Kecamatan Ratu Samban untuk lebih mengembangkan potensi yang ada,'' pungkasnya.

Salah satu masjid yang telah terpilih yakni Masjid Akbar Attaqwa. Ustadz  Dr. Wahyu Sudarsono selaku pengurus masjid mengungkapkan rasa terima kasih atas program ini. "Kami merasa terhormat dan bersyukur menjadi salah satu masjid percontohan. Program ini sangat membantu kami dalam meningkatkan kualitas pengelolaan masjid dan layanan kepada jamaah". Ungkapnya. (Nisa/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA