KUA Kecamatan Sukaraja : Keutamaan Membaca Dan Memahami Isi Al-Quran

Seluma (Humas) – Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Weni Artika mengatakan mengetahui dan memahami makna dan kandungan Al-Quran adalah diantara hak yang harus kita penuhi. Setiap Muslim wajib mengetahui arti ayat yang dibaca, baik dengan bantuan terjemahan ataupun kitab tafsir di pengajian majlis taklim  Nurul Jannah Kelurahan Babatan Jum’ at,22/09.

Lanjutnya Al-Quran sangat perlu dipahami, dan tidak cukup sekadar dibaca karena di dalamnya ada jawaban dari segala persoalan kehidupan yang dialami dan dirasakan manusia. Mulai dari masalah individu, keluarga, masyarakat sampai urusan bangsa dan negara.Lebih dari itu, Al-Quran adalah Al-Furqan, yang membedakan dengan jelas antara hak dan bathil, perintah dan larangan, halal dan haram. Semua ini tidak akan mungkin bisa dicapai kecuali dengan memahami ayat-ayat Allah. Hal ini sebagaimana difirmankan oleh Allah Subahanahu Wa Ta’ala,yang artinya: Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan dari petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (Terjemahan QS. Al-Baqarah [2]: 185), jelas Weni.

Perumpamaan sederhananya adalah seperti seseorang yang membeli kendaraan atau perlengkapan elektronik, atau barang kebutuhan lainnya, pastinya barang tersebut disertai dengan buku petunjuk penggunaannya.Jika seseorang tidak memahami pesan di buku petunjuk itu, misalnya ia mengganti bensin dengan minyak tanah untuk bahan bakar kendaraannya, dapat dipastikan akan terjadi kerusakan pada kendaraan tersebut, ungkap  Weni. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA