KUA Kecamatan Kepahiang Belajar Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan melalui Dialog Kerukunan Umat Beragama

KUA Kecamatan Kepahiang Belajar Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan melalui Dialog Kerukunan Umat Beragama

Kepahiang (Humas)--- KUA Kecamatan Kepahiang melalui Kepala dan Penyuluh Agama Islam turut serta dalam kegiatan dialog kerukunan umat beragama se-Kabupaten Kepahiang dengan tema deteksi dini konflik sosial keagamaan, Rabu (07/08/2024).

Peserta dalam acara tersebut yaitu kepala Desa, Perangkat Agama, Pengurus FKUB dan juga perwakilan penyuluh kemenag Kabupaten Kepahiang. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kemenag Kepahiang Bapak Drs. Albahri, M.Si menyampaikan tentang peran kementerian agama dalam pencegahan konflik sosial keagamaan di Kabupaten Kepahiang.

Selanjutnya, Ketua Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Kepahiang yang diwakili oleh Nanda HardikaS. H., MH menjelaskan tentang peran PAKEM dalam pencegahan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan yang menyimpang di masyarakat serta materi Ketua FKUB Kabupaten Kepahiang, Khoirudin S.Ag., yang membahas tentang peran FKUB dalam pencegahan terjadinya konflik antar umat beragama.

Yayan Eko Saputra, S.H., Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kepahiang yang juga sebagai Sekretaris Panitia dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini agar dapat mendeteksi atau menghindari terjadinya konflik-konflik sosial keagamaan yang ada di masyarakat.

“Kita berharap para peserta Dialog yang hadir ini nantinya bisa terlibat secara aktif di masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi-potensi konflik, sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara tetap bisa berjalan dengan rukun dan damai,” tutup Yayan. (Yayan ES)


TERKAIT

Berita LAINNYA