Kantor Kemenag Lebong Dan Pemkab Lebong Lakukan Rapat Persiapan Keberangkatan Haji Tahun 2024

Lebong (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong bersama unsur Stakeholder di Wilayah Kabupaten Lebong mulai dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong dalam hal ini diwakilkan oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Lebong, Ketua MUI Kabupaten Lebong, Satpol PP Kabupaten Lebong, Dinas PUPR Perhub Kabupaten Lebong, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebong, Polres Lebong Diwakilkan Oleh Kabag Humas Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Kesra Kabupaten Lebong menyelenggarakan kegiatan Rapat keberangkatan CJH asal Lebong, Senin (29/04/2024).

Kegiatan  di gelar Di Aula Sakinah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, mengingat Pada Mei 2024 akan keberangkatan CJH asal lebong pada tanggal 18 Mei 2024. Rapat ini menentukan Jalur Keberangkatan, Titik Kumpul CJH sebelum keberangkatan ke Asrama Haji.

Kakan Kemenag Kabupaten Lebong, Arief Azizi, S.Ag., M.H mengatakan bahwa jumlah Calon Jamaah Haji CJH Asal Lebong berjumlah 97 Orang. Ia berharap pengalaman pada tahun yang lalu, menjadi pengalaman berharga jangan sampai terulang Kembali, ketenangan para CJH harus diutamakan agar semuanya dapat berjalan dengan baik dan sukses.

"Dimana Calon jamaah haji berangkat pada tahun lalu pukul 02.00 WIB malam dan kondisi masjid yang kurang memadai ada dua lokasi Dimana Masjid Amen untuk Wilayah Lebong Atas Lebong Utara Uram Jaya Pinang Belapis dan Di Masjid Istiqomah Untuk Daerah Lebong Selatan Rimbo Pengadang Topos Lebong Tengah Dan Lebong Sakti dan dengan CJH dan Jumlah keluarga yang mengantar keberangkatan haji ramai berdesak-desakkan sehingga kondisi kenyamanan dan ketenangan jamaah haji kita prioritaskan pada tahun ini. Dan dengan kesepakatan hasil Rapat Bersama hari ini Masjid Agung Sultan Abdullah Kabupaten Lebong tempat titik kumpul dan Pelepasan CJH asal Lebong yang nantinya akan dilepas secara simbolis oleh Bupati Lebong," terang Arief.

Dengan pertimbangan kondisi Jalan Penghubung Lebong Curup yang masih longsor dengan berbagai titik jalan di Talang Ratu yang hampir amblas, dengan Bus angkutan yang membawa CJH asal Lebong dengan menggunakan bus dengan kapasitas 38 Jiwa belum memungkinkan untuk lewat karena mewanti-wanti kondisi cuaca yang berubah ubah kadang panas kadang hujan sehingga dengan kesepakatan Bersama bahwa untuk tahun ini CJH asal lebong diberangkatkan dengan rute Lebong – Bengkulu utara,  diharapkan untuk PUPR untuk menyiapkan alat Berat di lokasi jalan Lebong – Bengkulu Utara agar jangan pada saat hari keberangkatan jikalau longsor langsung dibersihkan sehingga tidak mengganggu keberangkatan  CJH asal Lebong

Untuk keluarga tidak seperti tahun lalu bisa langsung secara dekat melihat CJH yang akan berangkat, untuk tahun ini Polres Lebong dan Satpol PP Lebong akan memperketat penjagaan sehingga CJH merasa tenang dan kondusif menjalankan perjalanan ibadah haji tahun 2024. Hanya yang ada ID Card yang boleh masuk dan bisa berada di dalam area Masjid Agung Sultan Abdullah,

Tim Kesehatan yang berangkat pada tahun ini dari Dinkes Lebong ada satu dokter 3 perawat dan satu supir yang akan mengawal keberangkatan CHJ asal Lebong sampai ke tanah Suci Mekkah Alhamdulillah pada tahun ini Dokter Lebong mengurus Jamaah Haji Asal Lebong tidak seperti tahun lalu dokter lebong mengurusi kabupaten Lebong dan sekarang Dokter lebong dapat mengurus Jamaah Haji Asal Lebong.

Calon Jamaah Haji Asal Lebong Pelepasan dan Berangkat  pada tanggal 18 Mei 2024, Ba’da Zuhur dan pada pukul 17.45 WIB sudah berada di Asrama Haji Bengkulu tanggal 19 Mei 2024 CJH Asal Lebong akan berangkat Ke Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 17.45 dan langsung menuju Jeddah Arab Saudi. Pukul 19.45 Wib.


TERKAIT

Berita LAINNYA