Kakan Kemenag Bengkulu Utara “Kurikulum Merdeka Menuntut Adanya Profesionalitas Guru”

Bengkulu Utara (Humas) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyah Islamiyah Kerkap menggelar “In House Training” Implementasi Kurikulum Merdeka di Aula MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap, Senin (26/06/2023).

Kegiatan tersebut,  dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.,M.Pd.I, di damping Kepala MTs Tarbiiyah Islamiyah Kerkap, Samsul Bahri, S.Pd.I.

Dalam sambutan saat pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I.,M.Pd.I memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, dan berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan output positif untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan di Madrasah.

Selanjutnya H. Nopian mengatakan,   Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran yang beragam. kurikulum merdeka berfokus pada konten-konten yang esensial agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

“Disinilah titik pentingnya dorongan pada para guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran “ tutur H. Nopian.

H. Nopian juga mengatakan bahwa dalam kurikulum merdeka ini, juga menuntut adanya profesionalitas guru, baik secara kualifikasi maupun kompentensi.

“Peningkatan kompetensi guru, merupakan tuntutan profesi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Karena itu, meningkatkan kompetensi guru menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan untuk menjaga profesionalitas “ sambung H. Nopian .

Terakhir H. Nopian menyampaikan bahwa yang tidak kalah pentingnya bagi seoarang guru juga harus meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga kualitas kinerja.

“Jika seorang guru tidak disiplin maka bisa dipastikan para peserta didiknya juga akan tidak disiplin, karena mereka meniru gurunya  “ Tutup H. Nopian .

Sementara itu, Kepala MTs Tarbiyah Islamiyah Kerkap, Samsul Bahri, S.Pd.I menyampaikan bahwa “In House Traning” implementasi kurikulum merdeka ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru MTs Tarbiyah Kerkap dalam rangka  penerapan kurikulum merdeka yang akan diimplementasikan tahun pelajaran yang akan datang.

“ Tujuannnya agar guru-guru di lembaga pendidikan kami sudah siap melaksanakan kurikulum merdeka di tahun pelajaran akan datang “ tukas Samsul Bahri


TERKAIT

Berita LAINNYA