Ka. KUA Selebar : Awas Jangan KDRT

Awas Jangan KDRT, ini penjelasan Ka. KUA Selebar Saat Sampaikan Khutbah Nikah

Kota Bengkulu (Humas) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selebar Kota Bengkulu Jaudi Hartono, S.Ag, M.HI, melaksanakan tugas pencatatan pernikahan pada Sabtu pagi 31 Agustus 2024 bertempat di Taman Wisata Mangrove Bhadrika di Jalan Jenggalu Nomor 1 Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka.

Kali ini Kepala KUA melaksanakan tugas dengan didampingi oleh mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (UINFAS), Bayu Lailatul Hasanah dan Herpan Ardi.

Keikut sertaan mahasiswa PPL ini sebagai bentuk pembelajaran langsung yang diberikan oleh Kepala KUA kepada Mahasiswa PPL agar lebih memahami teori yang dipelajari selama di Kampus.

Jaudi Hartono menyampaikan tentang menjaga keharmonisan berumah tangga dan jangan sampai berbuat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

"Sebagai seorang kepala rumah tangga nasihatilah Istri mu dengan lembut, karena kata Nabi Muhammad SAW perempuan seperti tulang rusuk yang ini bengkok, bila kau paksa untuk meluruskannya maka dia akan patah, dan bila kau biarkan maka dia akan bengkok selama-lamanya". Papar Jaudi saat menyampaikan khutbah nikah.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kasus perceraian karena faktor kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Indonesia pada 2023 mencapai 5.174 kasus. Angka itu naik 4,06% dari tahun sebelumnya yang sebesar 4.972 kasus.

"Sengaja kita ajak anak mahasiswa untuk memperhatikan dan mempelajari bagaimana proses pencatatan nikah, agar kedepan mereka lebih memahami bagaimana cara prosesi pencatatan nikah". Jelas Jaudi Hartono saat di wawancarai di Kantor KUA Kecamatan Selebar. Senin (02/09/24).
(Red/Andri/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA