Ka. KUA BI Ingatkan Masyarakat Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak

Demikian hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw yang disampaikan kepala KUA kecamatan Bermani ilir Jumat 27 September 2024 lalu di masjid cinta mandi.

Kepahiang (HUMAS) --- Membangun karakter anak dapat dilakukan dengan cara menyisipkan pesan moral ketika belajar. Saat Ibu membimbing anak belajar, ajarkan ia untuk mengambil hikmah dari setiap pelajaran yang dipelajari.Dengan begitu, anak akan dapat mengetahui bahwa ilmu yang sedang dipelajarinya memang penting untuk masa depannya. Pesan moral juga bisa kita sisipkan ketika memberi tugas rumah untuk anak kita masing masing.

Ketika kita bicara tentang ilmu, apabila ilmu tersebut tidak disertai dengan akhlak, maka itu juga akan menjadi sia-sia. Seperti yang disampaikan oleh salah satu ulama, yaitu Abu Madyan, yang mana Abu Madyan menyampaikan, tiga kelompok yang menjadi kelompok paling berbahaya di kalangan kita. Demikian hikmah Maulid Nabi Muhammad Saw yang disampaikan kepala KUA kecamatan Bermani ilir Jumat 27 September 2024 lalu di masjid cinta mandi. Lebih lanjut kepala KUA menerangkan bahwa tiga golongan berbahaya yang dimaksud Abu Madyan. Golongan pertama adalah orang yang memiliki ilmu tapi tidak mau mengamalkan ilmunya. Kelompok kedua adalah orang yang memiliki ilmu, tapi lupa dengan keilmuan yang dimiliki.

Sehingga apa yang terjadi? Ketika dia ada kepentingan untuk dirinya, dia akan melupakan apa yang diatur oleh keilmuan atau intelektualitas di kalangan kita

Orang berilmu, sambungnya, pasti sudah tahu jika melakukan hal yang tercela,  itu tindakan yang salah. Ada proses penyalahgunaan kewenangan di dalamnya. Tetapi karena suatu kepentingan, tindakan yang salah itu jadi diabaikan.

Golongan terakhir adalah orang yang memiliki ketaatan beribadah, tapi tidak disertai ilmu. Kata kepala KUA. Untuk itu, untuk mewujudkan masyarakat yang seimbang, mari kita untuk selalu menyisipkan pesan moral, akhlak serta etika, dan selaku orang tua harus mampu memberikan contoh serta menjadi cermin bagi anak-anak kita untuk kebaikan. Kepala KUA juga mengajak khususnya para perangkat agama untuk selalu melaksanakan kegiatan pembinaan khususnya kepada generasi muda.  bersama jajarannya, kepala KUA akan selalu meningkatkan kualitas pembinaan terutama pada penguatan karakter menuju masyarakat kecamatan Bermani ilir yang taat beragama, sejahtera lahir dan batin. Tutup kepala kua


TERKAIT

Berita LAINNYA