Kemenag

Ikuti Manasik, 154 CJH Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Bengkulu selatan ( Humas ) – Mengawali persiapan pemberangkatan jamaah haji tahun 2024, Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), menggelar Manasik Haji Tingkat Kecamatan yang diikuti ratusan Calon Jamaah Haji (CJH), Selasa (05/03/2024).

Acara yang ikut dihadiri oleh Pemimbing Haji Daerah (PHD) dan kepala KUA se-Bengkulu Selatan kali ini dipusatkan di dua tempat yang berbeda, yakni di Masjid Al-Hasanah Kecamatan Pasar Manna dihadiri oleh CJH yang berasal dari Kecamatan Pasar Manna, Kecamatan Manna, Kecamatan Bunga Mas, Kecamatan Kedurang, dan Kecamatan Kedurang Ilir. Kemudian Masid Muwafaqoh Kecamatan Kota Manna, dihadiri CJH yang berasal dari Kecamatan Kota Manna, Kecamatan Pino Raya, Kecamatan Pino, Kecamatan Seginim, dan Kecamatan Air Nipis. 

Sebagaimana diketahui tahun ini Kabupaten Bengkulu Selatan total akan memberangkatkan 138 orang CJH, yang terdiri dari kouta reguler 121 orang, kouta lansia 12 orang, dan mendapat kouta tambahan 5 orang.

Kakankemenag Bengkulu Selatan H. Irawadi, S.Ag., MH sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan manasik haji mengungkapkan, bahwa bimbingan manasik haji sangatlah penting bagi para Calon Jamaah Haji.

“Mereka akan mendapatkan pendalaman materi tentang hal-hal yang harus dilakukan mulai dari sebelum keberangkatan, pelaksanaan haji, sampai kembali lagi ke tanah air. Terutama ilmu tentang syarat wajib dan rukun haji,” ujar Irawadi.

Selain itu dihadapan CJH Irawadi juga menyampaikan pentingnya mengedepankan rasa syukur dalam menyongsong penyelenggaraan ibadah haji. Beliau juga berpesan kepada CJH bahwa pentingnya menjaga kesehatan dengan cara pola hidup sehat, makan secara teratur dengan memenuhi standar gizi yang dibutuhkan, dan istirahat yang cukup serta gemar berolah raga.

“Mari bersyukur dengan sepenuh hati kepada Allah SWT atas panggilan haji tahun ini, dengan menyiapkan betul baik fisik maupun mental selama melaksanakan rangkaian ibadah. Luruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan dan semata-mata mengharap ridha Allah SWT untuk memenuhi panggilan-Nya, dan menjadi haji yang mabrur dan mabrura,” tutup mantan Kepala Kemenag Kaur ini. (Toni)
 


TERKAIT

Berita LAINNYA