Guru Pamong MIN 1 RL Beri Bimbingan Kepada Mahasiswa PPL : Tingkatkan Profesionalisme Calon Guru

Guru Pamong MIN 1 RL saat beri bimbingan kepada Mahasiswa PPL

REJANG LEBONG (HUMAS)  --- Dalam rangka meningkatkan profesionalisme calon guru, guru pamong pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong (RL) memberikan bimbingan kepada mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) angkatan VI tahun 2023 dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

Randi Sefto Fanedi, S.Pd salah seorang guru pamong MIN 1 RL, secara rutin memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswa PPL, seperti halnya pada hari ini Kamis (9/11) disela waktu istirahat.

Pada kesempatan tersebut, Randi Sefto Fanedi menyampaikan hasil pengamatannya terhadap proses praktik mengajar yang telah dilaksanakan para mahasiswi di kelas. “Pelaksanaan praktik mengajar sudah menunjukan peningkatan, para mahasiswi PPL sebagai calon guru secara bertahap sudah bisa menciptakan suasana kelas yang kondusif.” Kata Randi.

Lebih lanjut, Randi Sefto Fanedi juga memberikan masukan kepada mahasiswi PPL perihal pemilihan dan penggunaan media belajar. “Pilihlah media yang menarik untuk menumbuhkan partisipasi aktif siswa ketika belajar, media tersebut juga hendaknya dapat digunakan secara efektif serta efisien sehingga materi pelajaran yang akan disampaikan dapat dimengerti oleh siswa.” Tambah Randi.

Sementara itu, Kepala MIN 1 RL, Mufidatul Chairi, S.Ag.,M.Pd.I melalui Koordinator Bidang Kurikulum, Hilda Kurniati, S.Pd ketika dikonfirmasi mengenai pelaksanaan PPL di MIN 1 RL dirinya mengatakan, “Pada tahun ini MIN 1 RL menerima sebanyak 9 mahasiswa PPL dari IAIN Curup yang berasal dari Program Studi (Prodi) yang berbeda-beda diantaranya yaitu; Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).”

Perihal proses bimbingan kepada mahasiswa PPL, Hilda Kurniati mengatakan bahwa guru pamong tidak hanya menjadi pengajar, tetapi juga pembimbing karir yang mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia nyata di dunia pendidikan. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman praktis, guru pamong membantu mahasiswa memahami aspek-aspek penting dalam mengajar, manajemen kelas, dan interaksi dengan peserta didik. "Peran guru pamong sangatlah penting dalam memberikan arahan yang berharga kepada mahasiswa PPL. Kami berusaha menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan profesionalisme mereka dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna," kata Hilda Kurniati.

Kegiatan PPL angakatan VI dari IAIN Curup pada tahun ini dilaksanakan selama 3 bulan yakni dari tanggal 4 September 2023 s.d 4 Desember 2023. Adapun yang menjadi guru pamong di MIN 1 RL, diantaranya sebagai berikut; Randi Sefto Fanedi, S.Pd, Rolly Junizan, S.Pd, Roslaimurti, S.Pd.SD dan Sudiyanita, S.Pd.I.

Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dari guru pamong, mahasiswa PPL diharapkan dapat mengembangkan wawasan yang lebih dalam tentang dunia pendidikan dan siap menghadapi tantangan profesional di masa depan. Melalui kolaborasi yang erat antara guru pamong dan mahasiswa, diharapkan dapat terbentuk generasi pendidik yang berkualitas dan siap menginspirasi peserta didik mereka. 


TERKAIT

Berita LAINNYA