Guru Menggunakan Berbagai Media Belajar Dalam Menumbuhkan dan Memacu Minat Belajar Siswa

Bengkulu Utara ( Humas ) – MTsN 1 Bengkulu Utara dalam menumbuhkan, memacu dan menggali kemampuan siswa dalam pembelajaran guru-guru menggunakan berbagai pendekatan dan model pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran, ada yang menggunakan pendekatan kontektual, konstruktivisme, kooperatif, inquiri, saintifik, dan lainnya guru menggunakan pendekatan yang paling relevan pada siswa saat menyampaikan materi pembelajaran baik di kelas maupun berada di luar kelas.

Pendekatan dalam pembelajaran “ini penting bagi kami guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sekaligus sebagai usaha untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan” imbuh salah satu guru yang ditemui humas disela-sela istirahat mereka.

Terkadang dalam satu materi saja guru dapat menggunakan berbagai pendekatan sesuai dengan kebutuhan siswa agar materi mudah diserap oleh siswa dan harapannya selain memberikan hasil asesmen yang baik juga dapat diimplementasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari “ misalnya siswa membutuhkan makanan dalam beraktivitas/belajar, sehingga siswa membutuhkan energi dan harus mengkonsumsi karbohidrat, sedangkan karbohidrat tidak harus didapatkan dari nasi tapi juga bisa dari roti, namun siswa sudah mengetahui bahwa karbohidrat roti tidak sebaik dan sebanyak nasi dengan ukuran masing-masing 100 g, selain itu siswa mampu mendahulukan mengkonsumsi nasi karena nasi tanpa zat aditif yang berbahaya. Intinya siswa mampu memilih makanan yang sehat pada kehidupan sehari-hari” ujar guru IPA MTsN 1 BU memberikan contoh kasus.

Kepala MTsN 1 BU Evi Erlina, S.Pd. M.Pd menyebutkan bahwa guru MTsN 1 BU “mereka berupaya mencari pendekatan yang paling relevan bagi siswa kami dan kadang-kadang juga berkolaborasi dengan guru mapel yang berbeda untuk menanamkan pemahaman karakter dan belajar bermakna agar lebih menyentuh bagi siswa” ujarnya penuh semangat.

Semoga pendekatan-pendekatan yang digunakan guru dalam penyampaian materi dapat berperan dalam peningkatan hasil capaian pembelajaran siswa MTsN 1 BU. ( Ewin Sumarti / Yn )


TERKAIT

Berita LAINNYA