Giat Dakwah di Lapas, PAI Sebut Manusia Diciptakan sebagai Khalifah

Giat Dakwah di Lapas, PAI Sebut Manusia Diciptakan sebagai Khalifah

Kota Bengkulu (Humas)-Giat Penyuluh Agama Islam (PAI) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu menyampaikan dakwah di Lapas Kelas II A Bengkulu terut berlanjut. Kamis (17/10), Penyuluh Agama Islam dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kampung Melayu, H. Airin Rais menyampaikan ceramah dengan tema "Esensi Penciptaan Manusia".

Mengutip surat Al Baqarah ayat ke 30, manusia awalnya diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah atau perwakilan Allah SWT dalam memelihara bumi ini.

"Dalam ayat itu, Malaikat menyampaikan bahwa manusia hanya menumpahkan darah dan berbuat kerusakan. Namun Allah menjawab bahwa Allah lebih tau apa yang malaikat tidak ketahui". Jelas H. Airin.

Lebih lanjut di ayat yang ke 34,ketika manusia diciptakan, semua makhluk diperintahkan untuk sujud kepada Adam sebagai manusia pertama yang diciptakan. Semua makhluk sujud kecuali iblis. Iblis menyombongkan diri karena kehebatannya yang diciptakan dari api. Sifat sombong iblis inilah yang seharusnya jangan ada dalam diri kita sebagai manusia karena manusia hanyalah makhluk lemah yang tiada berdaya.

Kesombongan manusia lanjut H. Airin bisa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya bertambahnya amal, ilmu,harta dan kedudukan. Tapi perlu diketahui, sifat sombong ini adalah sifat yang paling berbahaya karena ini akan menutup hidayah masuk ke dalam hati manusia.
"Dalam sebuah hadits yang artinya tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya ada sifat sombong walaupun hanya sedikit. Oleh karena itu jauhilah sifat sombong". Pungkas H. Airin Rais. (HumasKota).


TERKAIT

Berita LAINNYA