Empat Santri Bengkulu Utara Siap Berlaga di MQK Nasional

Bengkulu Utara (Humas) - Empat Santri Asal Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang berhasil mendapatkan medali emas pada seleksi Musabaqah Qiratil Kutub (MQK) tingkat Provinsi Bengkulu pada 16 -17 Juni 2023 lalu siap berlaga dalam MQK Nasinal.

Keempat santritersebut akan mewakili Provinsi Bengkulu untuk mengikuti MQK tingkat Nasional ke VII tahun 2023 yang dipusatkan Pondok Pesantren Sunan Derajat, Lamongan, Jawa Timur, pada 10 – 18 Juli 2023 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian AgamaKabupaten Bengkulu Utara, Dr H Nopian Gustari S.Pd.I., M.Pd.I.

“Allhamdulillah, untuk MQK tingkat Nasional tahun ini, ada 4 santri kita yang mewakili Bengkulu Utara ke tingkat Nasional yang akan diselenggarakan tanggal 10 Juli 2023 di Ponpes Sunan Drajat Lamongan Jatim,”ujarnya.

Ditambahkannya, pada MQK tingkat Nasional ini diikuti oleh 25 santri yang merupakan perwakilan dari semua Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.

Dalam perlombaan MQK ini, para santri diuji kemampuannya dalam membaca, memahami, menerjemahkan dan mengartikulasikan teks-teks yang terdapat dalam kitab kuning.

Kitab kuning merupakan ruh dari pondok pesantren. Tanpa kajian kitab, bukanlah pondok pesantren.

“Kalau total secara keseluruhan ada 25 santri dari Provinsi Bengkulu yang akan mengikuti MQK tingkat Nasional tahun ini. Untuk keberangkatan para santri kita akan dilepas di Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu,”terangnya.

Dirinya pun berharap, terkhususnya bagi santri dari Kabupaten Bengkulu Utara akan mendapatkan juara dalam perlombaan ini. Sehingga dapat mengharumkan nama daerah.

“Tentu kita harap, santri kita mendapatkan juara pada MQK tingkat Nasional. Sehingga dapat mengharumkan nama daerah,”pungkasnya.


TERKAIT

Berita LAINNYA