Dakwah Subuh, PAI Singaran Pati : "Manusia Diciptaan Allah Yang Terbaik"

Dakwah Subuh, PAI Singaran Pati Sampaikan "Manusia Diciptaan Allah Yang Terbaik"

Kota Bengkulu (Humas)-Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singaran Pati Ustad Sirwanto, S.Kom.I, M.H. sampaikan Kultum Ba’da Subuh di Masjid Nurul Huda, Jl.Merapi Ujung Panorama. Adapun tema yang diangkat oleh Ustad Sirwanto adalah Manusia diciptakan Allah dalam keadaan yang terbaik.

Ustad Sirwanto menyampaikan "Pernahkah kita sadari, bahwa di antara sekian banyak makhluk ciptaan ‎Allah yang ada di jagat raya ini, kita adalah makhluk terbaik yang Allah ‎hadirkan ke dunia ini.‎ (QS, At-tin, 4-6).

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ - ٤

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَافِلِيْنَۙ - ٥

kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍۗ - ٦

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan Kebajikan, maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.

Ustad Sirwanto juga menjelaskan bahwa secara eksistensial, manusia ‎terdiri dari dua dimensi, yaitu dimensi ruhy dan jismy. Dalam dimensi ruhy ‎terdapat beberapa komponen, antara lain: akal, nurani, hati, dan sebagainya. Dimensi ini disebut juga sebagai dimensi malakuti (kemalaikatan).

Sementara ‎dalam dimensi jismy terdapat beberapa komponen yang, hampir sama dengan ‎yang terdapat pada binatang, seperti insting (naluri), nafsu, dan sebagainya. ‎Oleh karena itu, dimensi ini disebut juga sebagai dimensi hayawani.‎

Jika seseorang mampu mengoptimalkan dimensi ruhy yang ada dalam ‎dirinya, serta mengendalikan dimensi jismy-nya, maka dia bisa menjadi lebih ‎mulia dari malaikat sekalipun. Sebaliknya, jika dimensi jismy-nya lebih ‎dominan dan mengalahkan dimensi ruhy-nya, maka tidak menutup ‎kemungkinan dia akan menjadi lebih rendah dan hina dari binatang. (Ekowan/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA