Buka Bimtek RDM, Kakan Kemenag Kaur: Pentingnya Kemampuan IT & Profesionalitas Bagi Guru

Kaur (Humas) -  Operator Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur menggelar Bimbingan Teknis Rapor Digital Madrasah (RDM). Kegiatan yang diikuti 36 Peserta semua jenjang madrasah : MI, MTs dan MA se-Kabupaten Kaur berpusat di Aula Moderasi Kantor Kementerian Agama Kabuapten Kaur, Senin (14/10/2024).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. Muhamad Soleh, M.Pd. didamping Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Mugiyem, S.E. M.Pd., dan Pengawas  Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur, Drs. H. Muhamad Soleh, M.Pd dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa RDM merupakan bukti bahwa perubahan akan selalu ada. “Dulu rapor siswa dikelola secara manual. Sekarang semua berbasis IT, dalam bentuk digital”. Maka, menurutnya perubahan yang berbasis IT harus dibarengi peningkatan kapasitas dan profesionalitas kerja.

“RDM harus dijalankan karena merupakan kebijakan. Saya yakin kita bisa kerja dengan maksimal. RDM Berbeda dengan manual, yang masih ada pertimbangan-pertimbangan. Sekarang berbentuk digital, maka harus betul-betul dipertimbangkan penginputan nilai siswa,” Ujar M.Soleh

“Setelah diinput, sudah tidak ada perubahan, maka sebelum diinput harus benar-benar dicermati. Harus profesional berpikir. Dicermati pula karena berkaitan dengan bagaimana meningkatkan kualitas madrasah dan luaran madrasah. Melalui sistem ini, hasil pembelajaran dapat diakses orangtua dan capaian pembelajaran bisa juga bisa dengan mudah dimonitoring dari pemerintah pusat, maka butuh kecermatan dan ketelitian,” Jelasnya

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Mugiyem, S.E, M.Pd yang juga hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa bagaimana pun model dan sistemnya, penginputan RDM tetap harus merujuk pada peraturan, juknis yang sudah ditetapkan.

“Oleh karena itu harus diperhatikan batas waktu penginputan. Mulai kelas awal masuk sampai terus mengikuti pendidikan, hasil belajar siswa terinput dalam RDM. Ke depan juga akan semakin ketat, dan nilai yang sudah diinput tidak bisa dirubah-rubah lagi. Maka, operator madrasah memegang peranan penting,” Ungkap Mugiyem

Diakhir sambutan Mugiyem menyampaikan semua dilakukan operator, maka harus punya skill dan kapasitas yang memadai. Jam kerja operator luar biasa. Dirinya berharap, untuk semester genap mendatang, seluruh madrasah di Kabupaten Kaur sudah menggunakan RDM. (Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA