Binwin Fokus Materi Cegah Stunting

Binwin Fokus Materi Cegah Stunting

Kota Bengkulu (Humas)-Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu, kembali mengadakan kegiatan bimbingan untuk Calon Pengantin (Catin) pada hari Senin, 03 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh lima pasang Catin yang dengan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Kegiatan bimbingan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan bekal kepada para catin mengenai kehidupan rumah tangga yang harmonis dan sejahtera. Para Penyuluh Agama Islam dari KUA Kecamatan Muara Bangkahulu berkolaborasi dengan pegawai kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Muara Bangkahulu dalam memberikan materi bimbingan.

Salah satu fokus utama dalam bimbingan kali ini adalah isu kesehatan, khususnya masalah stunting yang masih menjadi tantangan besar di Indonesia. Materi tentang pentingnya pemahaman mengenai gizi yang baik bagi ibu hamil dan anak balita untuk mencegah stunting disampaikan oleh Dr. Bd. Jumita, SST, M.Kes., didampingi oleh Ellyza Agustiningsih, Amd, Keb. Mereka memberikan tips dan panduan praktis dalam menjaga kesehatan keluarga, mulai dari sebelum kehamilan, selama kehamilan, hingga masa pertumbuhan anak.

Materi Bimbingan Perkawinan yang disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam mencakup berbagai aspek, seperti pentingnya komunikasi yang baik dalam rumah tangga, pengelolaan keuangan keluarga, serta hak dan kewajiban suami-istri dalam pernikahan menurut ajaran Islam. Dengan demikian, diharapkan para catin dapat membangun keluarga yang tidak hanya bahagia, tetapi juga kuat secara spiritual dan fisik.

Sebagai Kepala KUA Kecamatan Muara Bangkahulu, Rudian, S.Ag, M.H, sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, bimbingan ini merupakan langkah penting dalam mempersiapkan pasangan Calon Pengantin agar siap secara mental dan fisik dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. “Kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan seperti ini guna mendukung kesejahteraan masyarakat dan mencegah masalah-masalah kesehatan seperti stunting”. Ujar Rudian.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para peserta. Salah satu Calon Pengantin, Siti, mengungkapkan bahwa bimbingan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan calon suaminya dalam mempersiapkan diri menuju kehidupan berkeluarga. “Kami jadi lebih paham mengenai peran masing-masing dalam keluarga dan bagaimana menjaga kesehatan keluarga, terutama dalam mencegah stunting”. Ujarnya.

Dengan terselenggaranya bimbingan ini, KUA Kecamatan Muara Bangkahulu berharap dapat membantu para Calon Pengantin dalam mempersiapkan pernikahan yang sehat dan harmonis, serta berkontribusi dalam upaya pencegahan stunting di masyarakat. (Humas)

 


TERKAIT

Berita LAINNYA