Bimwin Mandiri KUA Pondok Kelapa, Upaya Bangun Fondasi Yang Kuat dan Cegah Konflik Dalam Keluarga

Kegiatan Bimwin Mandiri ini diselenggarakan oleh KUA Kecamatan Pondok Kelapa bekerjasama dengan Fasilitator Puskesmas setempat untuk materi kesehatan reproduksi

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Salah satu tugas dan fungsi Kantor Urusan Agama (KUA) diantaranya adalah memberikan Pelayanan Bimbingan Keluarga Sakinah. Bimbingan Keluarga Sakinah merupakan layanan yang wajib disampaikan kepada Calon Pengantin (Catin) sebagai pengetahuan dasar terkait kehidupan berumah tangga.

Oleh sebab itu, bertempat di Ruang Balai Nikah dan Manasik Haji Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa Imam Setiawan, MHI beserta staf menggelar kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Mandiri kepada Calon Pengantin, Selasa (13/08).

Kegiatan Bimwin Mandiri ini diselenggarakan oleh KUA Kecamatan Pondok Kelapa bekerjasama dengan Fasilitator Puskesmas setempat untuk materi kesehatan reproduksi, dengan PLKB untuk materi menyiapkan generasi berkualitas dan dari internal KUA untuk materi keagamaan.

Pada kesempatan kali ini Bimwin Mandiri diikuti oleh Tiga pasang calon pengantin yang telah terdaftar di KUA Pondok Kelapa, yakni:

1. ANDISMAN PRANOTO dan WINA TRI NURYANI, akad nikah 16/08, lokasi Desa Srikaton,
2. ANDIKA HADI SAPUTRA dan LIANA LESTARI, akad nikah 18/08, lokasi Desa Panca Mukti,
3. ROZALI dan IPARNI, akad nikah 21/08, lokasi Balai Nikah. 

Diantara materi yang disampaikan oleh Fasilitator dan Narasumber pada kegiatan Bimwin Mandiri ini diantaranya Fiqih Munakahat, Keluarga Sakinah, Pendidikan dan Penanganan Konflik dalam keluarga, Teknis Pelaksanaan Akad Nikah, Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan Menyiapkan Keluarga Berkualitas.

Kegiatan Bimwin ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada pasangan Catin agar memiliki dasar yang kuat dan pemahaman yang baik tentang pernikahan sebelum memasuki kehidupan berumah tangga. Dengan demikian diharapkan agar dapat membantu mencegah konflik dan masalah yang mungkin timbul dalam keluarga serta membangun fondasi yang kuat untuk kehidupan yang bahagia dan berkualitas.


TERKAIT

Berita LAINNYA