Belajar Berdemokrasi, Panitia Pemilihan OSIS MTsN 1 Seluma Gelar Debat Calon Ketua OSIM Periode 2023-2024

Seluma (Humas)- Panitia pemilihan ketua OSIM MTsN 1 Seluma menggelar acara debat terbuka kandidat ketua dan wakil ketua OSIM MTN 1 Seluma periode 2023/2024 pada Jumat, 15/9/2023. Acara ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi MTsN 1 Seluma sebagai audiens, dan dihadiri oleh dua pasangan calon dan tim suksesnya. Selain itu, pada kegiatan tersebut juga disaksikan oleh seluruh dewan guru dengan menghadirkan dua orang panelis yang akan menguji kematangan visi misi dan program kerja masing-masing paslon. Kegiatan debat ini dimulai sejak pukul 08.00 Wib bertempat di Masjid MTsN 1 Seluma. Tampak suasana sangat meriah karena seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan ini tentunya menjadi moment yang sangat berharga bagi seluruh siswa/siswi MTsN 1 Seluma karena dapat memperoleh penglaman mengenai proses demokrasi yang sesungguhnya.

Kegiatan debat digelar sebagai salah satu rangkaian kegiatan sebelum dilakukan pemilihan pengurus OSIM. Dengan debat diharapkan para peserta didik dapat mengenal lebih jauh siapakah sosok yang paling tepat untuk dipilih menjadi pengurus OSIM.

Bertindak sebagai MC/Moderator adalah ananda Nayshella Kiara Teca dan Davin Fitra Ananda. Keduanya nampak anggun, lugas, tegas, lancar berbicara, dan mampu mengatur acara dengan baik tanpa ada kendala berarti meskipun acara berlangsung ramai dan heboh oleh masing-masing pendukung paslon/tim sukses.

Kegiatan debat ini dibagi menjadi empat sesi. Sesi 1 yaitu masing-masing paslon diberikan kesempatan untuk orasi memperkenalkan diri dan memaparkan visi misi serta program kerja yang akan diusung ketika menjadi ketua OSIM. Sesi 2 yaitu pertanyaan panelis untuk menguji kematangan/kesiapan calon. Sesi 3 adalah pertanya antar paslon, dan sesi ke 4 adalah pertanyaan dari audiens/peserta debat.

Para kandidat Nampak fasih menyampaikan visi, misi dan gagasan masing-masing. Mereka mampu mengemas gagasannya dalam narasi yang sangat menarik bagi para calon pemilihnya. Debat terasa sangat menarik karena meskipun para kandidat adalah peserta didik yang masih berusia belia, namun mereka mampu menunjukkan karakternya masing-masing yang khas dan istimewa.

Kepala MTsN 1 Seluma Isrul Aswanto, S.Pd., dalam sambutanya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan kampanye paslon yang dikemas dalm proyek P5 dengan tema “suara demokrasi”. Isrul menyampaikan tujuan diadakannya debat ini adalah untuk melatih siswa untuk menyampaikan, mempertahankan dan memberikan alasan dalam menyampaikan sebuah pendapat maupun ide. Selain itu pula kegiatan debat ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pada calon Ketua OSIM untuk menyampaikan visi misi sebagai ketua OSIM.

"Calon Pengurus OSIM harus berani dalam menyuarakan aspirasi siswa untuk aktif dalam kegiatan madrasah.” Ucapnya.

Pelaksanaan debat juga terasa lebih rapi dan sistematis, karena peran para mentor dari kandidat masing-masing yang dapat memerankan diri mereka dengan sangat baik untuk membimbing dan mengarahkan para kandidat masing-masing, sehingga membantu kelancaran acara. (Eka/HW)


TERKAIT

Berita LAINNYA