kemenag

BAN PDM Gelar Rakorda, Kasi Penmad : Dua Madrasah Di BS Akan Divisitasi

Bengkulu Selatan (Humas) – Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) I tahun 2024. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, tanggal 23 s.d 25 April 2024 diselenggarakan di Hotel Santika Bengkulu ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Bengkulu Prof. Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA.

Dalam sambutannya, Rohidin menegaskan pentingnya akreditasi sebagai upaya penjaminan mutu pendidikan di tingkat dasar dan menengah. “Akreditasi bukan hanya sekadar formalitas, tetapi merupakan pemetaan kondisi nyata kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh setiap satuan pendidikan,” ungkapnya.

“Saya berharap melalui rakorda ini dapat tercipta sinergi yang solid antara BAN PDM dengan seluruh pemangku kepentingan pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu,” tambah Rohidin.

Kegiatan yang mengusung tema “Kolaborasi dan Sinergitas Gemilang Akreditasi 2024” ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbud Kab/Kota se-Provinsi Bengkulu, Kepala Kementerian Agama Kab/Kota se-Provinsi Bengkulu, Operator Dapodik Provinsi Bengkulu, dan Operator Emis Provinsi Bengkulu, serta undangan lainnya.
 
Ketua Panitia Rakorda Dr. Komarudin, M.Pd menyampaikan bahwa Rakorda BAN PDM Provinsi Bengkulu ini Agenda utama meliputi pemaparan strategi peningkatan mutu pendidikan dan rencana pelaksanaan akreditasi dan visitasi di tahun 2024.

Sementara itu Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan H. Irawadi, S.Ag., MH melalui Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Bengkulu Selatan H. Ahmad Syukri, S.Ag., M.Pd menyampaikan bahwa Rakorda ini dapat menjadi wadah bagi berbagai pihak terkait di bidang pendidikan untuk menggali ide-ide inovatif guna meningkatkan mutu pendidikan, sehingga dapat melahirkan generasi yang siap menghadapi tuntutan zaman. 

Lebih lanjut Syukri menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum penting dalam menciptakan SDM yang unggul, melalui penerapan standar akreditasi yang ketat dan komprehensi sehingga sinergi antara pemerintah, sekolah, dan stakeholder terkait diharapkan akan mengakselerasi pembangunan SDM yang berkualitas di Indonesia.

“Untuk lembaga pendidikan yang dinaungi Kementerian Agama, pada tahun ini yang akan divisitasi diperioritaskan Madrasah-Madrasah yg baru berdiri diantaranya, Madrasah Ibtidaiyah  Swasta (MIS) Jakfar Al. Amin, Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Darul Iman, dan lembaga pendidikan lainnya. Mudah-mudahan dengan adanya visitasi dapat meningkatkan mutu pendidikan Madrasah-Madrasah yang ada di Provinsi Bengkulu, khususnya di Bengkulu Selatan,” tutup Syukri, (Toni).
 


TERKAIT

Berita LAINNYA