Asesmen Kompetensi Guru Madrasah 2024, Kakan Kemenag Kaur : Bertujuan Mengukur Kompetensi Pendidik

Kaur (Humas) – Ratusan Guru Madrasah mengikuti Asesmen Kompetensi Guru (AKG) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Kabupaten Kaur. Peserta Asesmen Kompetensi Guru (AKG) adalah guru yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Dan Madrasah Aliyah yang dibentuk dalam tiga sesi, Selasa (25/06/24).

Kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Muhamad Soleh, M.Pd, membuka kegiatan asesmen serta Kabid Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Dr. H. Hamdani, M.Pd, Kepala Seksi Bidang Pendidik Madrasah Mugyem, M.Pd serta penanggung jawab Kepala MAN Kaur Julita, M.Pd meninjau keberlangsungan kegiatan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) di MAN Kaur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. H. Muhamad Soleh, M.Pd mengungkapkan bahwa asesmen yang diikuti oleh para pendidik madrasah ini ada 113 peserta dari se- Kabupaten Kaur yang bertujuan untuk mengukur kompetensi masing-masing pendidik.

“Asesmen Kompetensi Guru (AKG) adalah asesmen yang dilakukan pada guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai metode pengukuran yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan kemampuan pedagogik dan profesional madrasah.” Ungkap M. Soleh

Dalam sempatan yang sama Kabid Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Dr. H. Hamdani, M.Pd juga mengatakan Asesmen kompetensi guru merupakan lanjutan setelah pada tahun 2022 diselenggarakan kegiatan yang serupa yang Asesmen Kompetensi Guru (AKG)

Mugyem, M.Pd selaku Kasi Penmad menyampaikan laporan bahwa Asesmen Kompetensi Guru ini di laksanakan mulai tanggal 24 - 26 Juni 2024, wajib diikuti oleh seluruh kepala madrasah, pengawas madrasah, dan guru dengan mata pelajaran tertentu untuk jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Pelaksanaan Asesmen, para peserta Asesmen Kompetensi Guru (AKG) termasuk didalamnya sambil menunggu sesi masing-masing. Sembari menunggu sesi para pendidik Madrasah mempersiapkan segala sesuatu perangkat yang dibutuhkan termasuk untuk uji coba log in pada halaman yang akan diakses dalam ujian. (Roby/Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA