Anak-Anak Dilarang Keluar Rumah Waktu Maghrib dan Isya, Ini Penjelasan Penghulu KUA Sungai Serut

Anak-Anak Dilarang Keluar Rumah Waktu Maghrib dan Isya, Ini Penjelasan Penghulu KUA Sungai Serut

Kota Bengkulu (Humas) - Penghulu Madya Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, Muhammad Yasir, S.Ag, M.HI. memberikan penjelasan kepada masyarakat mengapa anak-anak dilarang keluar rumah pada waktu menjelang waktu Maghrib - Isya.

Dikatakan Muhammad Yasir, terdapat Hadist Riyawat Muslim 2013 yang menjelaskan, 'Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda, jangan lepas hewan ternak kalian dan anak-anak kalian apabila matahari terbenam hingga waktu masuk Isya, karena saat itu setan sedang bangkit dan bertebaran".

Lalu timbul pertanyaan lagi, kapan anak-anak boleh keluar rumah?. Muhammad Yasir menjelaskan lebih lanjut, melalui Hadist Riwayat Bukhari 3280, Muslim 2012 yang artinya, Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda, jika datang malam menjelang atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya ketika itu setan sedang bertebaran.

"Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam (waktu masuk Isya), maka kalian boleh melepaskan mereka (boleh keluar rumah)". Kata Muhammad Yasir kepada Kontributor Berita KUA Sungai Serut, Senin (2/9/2024).

Selain itu, jika terpaksa harus keluar di waktu Maghrib - Isya, apa yang harus dilakukan ? Muhammad Yasir menjelaskan, masih merujuk pada Hadist Riwayat Bukhari 3371 dan Abu Daud 4737, untuk anak laki-laki dan perempuan, yang artinya, "Aku memohonkan perlindungan untukmu, dengan kalimat Allah SWT yang sempurna, dari setan, segala binatang berbisa, dari mata yang hasad ('ain)".

Disisi lain, Muhammad Yasir juga menerangkan, bagaimana agar setan tidak masuk ke rumah diwaktu Maghrib? Terdapat Hadist Riwayat Bukhari No. 3280 yang artinya, tutuplah pintu dengan mengucapkan bismillah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang ditutup. (Fadian/PopiHumas).


TERKAIT

Berita LAINNYA