Tingkatkan Kompetensi Guru, Kepala MIN 5 Benteng Laksanakan Supervisi Pembelajaran

Kepala MIN 5 Benteng Laksanakan Supervisi Pembelajaran

Bengkulu Tengah,(Humas) - Supervise pembelajaran merupakan bantuan yang di berikan kepada guru untuk mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas. Tujuan kegiatan ini adalah mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitas pembelajaran dan juga kesulitan mengajar belajar. Meningkatkan kesadaran guru serta warga sekolah lainnya terhadap tata kerja yang demoratis dan kooperatif.(07/11/23).

Guru merupakan salah satu komponen sumber daya pendidikan yang perlu selalu dibina dan dikembangkan terus-menerus. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membina dan mengembangkan kemampuan guru sekaligus melaksanakan tugas dan
fungsi kepala madrasah adalah melalui supervisi pembelajaran untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan baik sesuai dengan perencanaan pembelajaran tertuang di dalam RPP.

Kepala madrasah Anita Utame Nensi,S.Pd.SD menghimbau agar semua guru mempersiapkan administrasi perencanaan sebelum melakukan proses pembelajaran. “ Untuk mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di madrasah diperlukan
regulasi supervisi pembelajaran sebagai upaya penjaminan mutu pembelajaran yang mampu memberi ruang tumbuhnya kreasi dan inovasi dalam menyelenggarakan pembelajaran sesuai kebutuhan kehidupan abad ini," Tambahnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam supervise kali ini adalah supervisi guru langsung kedalam kelas. Dalam hal ini kepala madrasah langsung mengamati proses pembelajaran, RPP dan media yang digunakan dalam pembelajaran. Kemudian
memberikan masukan atau imbal balik mengenai kekurangan dan kelebihan serta masukan kedepan untuk lebih baik lagi.

Menurut Kepala Madrasah, supervisi semestinya dilaksanakan minimal 4 kali dalam setahun, dua kali melakukan supervisi administrasi dan dua kali melakukan supervisi kelas.  Dengan adanya supervisi administrasi dapat diketahui kemampuan guru dalam membuat perangkat pembelajaran sesuai dengan standar perencanaan pembelajaran yang baik, dan dengan adanya supervisi kelas, dapat diketahui kemampuan guru dalam menerapkan 14 kompetensi guru. Harapan kedepan guru dapat memaksimalkan pembelajaran dan siswa dapat meraih kompetensi yang diharapkan dengan baik, sehingga hasil pembelajaran menjadi baik juga. (DA)


TERKAIT

Pendidikan LAINNYA