Pendidikan Madrasah

MTsN 1 Kota Bengkulu Sukses Laksanakan PPKM

Kota Bengkulu (Humas) - Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PPKM) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu telah dilaksanakan beberapa waktu lalu bertempat di Aula Madrasah.

Kegiatan dilaksanakan dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars madrasah, serta kata sambutan dan doa. Sambutan disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu Diniah, dengan ucapan selamat datang dan permohonan arahan dari Tim Penilai PKKM yang ditugaskan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, hadir juga Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, perwakilan dari Pengawas, Komite, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

PKKM adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja Kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, bahwa penilaian kinerja Kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama Kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen itu meliputi :
1. Usaha Pengembangan Madrasah;
2. Pelaksanaan Tugas Manajerial;
3. Pengembangan Kewirausahaan;
4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan, dan
5. Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama Kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja Kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.

Apresiasi disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Linda Suryani bahwa berkas atau dokumen yang sudah dipersiapkan oleh madrasah ini merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan madrasah, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi. (IZ/Popi).


TERKAIT

Pendidikan LAINNYA