Workshop KKG PAI, Kakan Kemenag : Hadirkan, Kembangkan Pengalaman Belajar yang Lebih Menantang

Sesi foto bersama usai pembukaan workshop

REJANG LEBONG (HUMAS) --- Sebagai daerah yang kaya akan budaya dan nilai-nilai keagamaan, Kabupaten Rejang Lebong (RL) telah mengambil langkah maju dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam di wilayahnya. Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan agama, Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam  (KKG-PAI ) Wilayah I tingkat Kabupaten RL  menggelar workshop. 

Kegiatan sendiri mengusung tema "Ciptakan Guru PAI Profesional dan Berpihak Kepada Murid" sebagai bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka.

“Seluruh kegiatan yang berkaitan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka  sudah luar biasa massif dilaksanakan baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional, sehingga melalui workshop hari ini mudah-mudahanKelompok Kerja Guru PAI Wilayah I ini akan menjadi role model di wilayah-wilayah lainnya, khususnya di Kabupaten Rejang Lebong dan insyallah tahun 2024 nanti Kementerian Agama akan menerapkan Kurikulum Merdeka secara totalitas ” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, H.Lukman, S.Ag.,M.H pada pembukaan Worksop pada, Rabu (19/07/2023)

Lebih lanjut, Kepala Kantor juga menegaskan agar para guru PAI  di Kabupaten Rejang Lebong dapat meningkatkan profesionalisme dan menerapkan pendekatan yang lebih efektif dalam mengajar Pendidikan Agama Islam. “ Harapan kita para bapak ibu guru PAI  mampu mengembangkan bahan ajar yang menarik, menghadirkan pengalaman belajar yang menantang, dan memberikan dukungan yang tepat bagi setiap murid “ tegas nya lagi

Selaku Narasumber, Mega Fitri, S.Pd.I memberikan penjelasan tentang prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dan bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran agama Islam. Para guru PAI diajak untuk memahami bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dalam pengembangan bahan ajar, metode pembelajaran, serta penilaian yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan siswa.

Selain menjadi sarana bagi para Guru PAI untuk saling berbagi pengalaman, dalam workshop ini Guru PAI  tidak hanya menerima teori belaka tapi juga langsung diberikan tugas dan aktivitas berupa Lembar Kerja (LK) . Dengan adanya praktik langsung ini, para guru dapat melihat secara nyata bagaimana konsep Kurikulum Merdeka dapat diterapkan dalam pembelajaran yang lebih interaktif, kreatif, dan berpihak kepada murid.

Melalui Workshop KKG GPAI ini  diharapkan para guru dapat belajar satu sama lain, sharing knowledge tentang strategi pembelajaran yang berhasil, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang dapat diterapkan sehingga mampu meningkatkan kualitas pembelajaran Agama Islam di Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan yang bertempat di SDN 4 Rejang Lebong ini juga tampak dihadiri oleh Kasi PAI, Bobi Marpeno, S.HI.,M.H , Pengawas PAI TK SD, Fajriah, M.Pd, Kasi Kurikulum Pendidikan dan Kebudayaan, Leni Hartati.


TERKAIT

Berita LAINNYA