Kemenag

Ujian Praktik Kelas VI MIN 2 Bengkulu Selatan Ditutup Dengan Membuat Kreasi Nasi Goreng

Bengkulu Selatan (Humas) – Bengkulu Selatan (Humas) – MIN 2 Bengkulu Selatan melaksanakan ujian praktek untuk siswa-siswi kelas VI (Enam) Tahun Pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung selama tujuh hari, dimulai dari hari Senin tanggal 29 April sampai dengan hari Rabu tanggal 08 Mei 2024. Sebanyak 143 siswa-siswi yang terdiri dari 69 orang siswa laki-laki dan 74 orang siswa perempuan. Pelaksanaan kegiatan ujian praktek ini merupakan sebagai salah satu bentuk penilaian bagi peserta didik kelas akhir dan persyaratan kelulusan.


Pada saat ujian praktek Bahasa Indonesia siswa-siswi berpidato dengan tema Perpisahan. Ujian praktek mata pelajaran IPA siswa-siswi menyusun tata surya, mapel Bahasa Inggris mempraktikkan Self introduction, mapel Fiqih mempraktekkan shalat subuh, PJOK siswa-siswi melakukan lari sprint, mapel SBDP siswa-siswi membuat kreasi nasi goreng. Ujian praktek Al-Qur’an Hadits siswa-siswi menyetor hapalan surat Ad- Dhuha. Sedangkan untuk mata pelajaran Bahasa Arab siswa-siswi melakukan hiwar/percakapan.


Ujian praktik hari  ini merupakan ujian terakhir untuk kelas VI (Enam) pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan membuat kreasi nasi goreng yang di lakukan di ruang kelas madrasah, pada Rabu (8/5). Dengan tujuan pengambilan nilai ujian praktek dan juga meningkat kreatifitas siswa dalam berkarya membuat masakan.


Saat proses penilaian, para siswa menyaksikan dewan guru penguji dari luar ruang kelas, sehingga mereka nampak tenang dan khidmad saat melakukan penilaian. Antusias anak- anak untuk membuat kreasi nasi goreng terlihat jelas melalui semangat anak dalam hal mempersiapkan bahan-bahan, kemudian membuat, sampai menyajikan di meja untuk dinilai oleh guru penguji. Nasi goreng  dibuat  dengan berbagai  tema diantaranya nasi goreng siput, nasi goreng sosis dan nasi goreng petai  mulai dari tradisional sampai kekinian. 


Liza Anggeraini, S.Pd, Deti Sepriani, S.Pd, dan Gesti Harlena, S.Pd selaku guru penguji ujian tersebut mengatakan bahwa praktek cara menghidangkan makanan ini sangat bermanfaat diajarkan kepada siswa, agar dapat melahirkan kreativitas dalam hal menyajikan makanan sehingga terlihat lebih menarik di pandang mata. Setelah dilakukan penilaian, seluruh dewan guru dan karyawan MIN 2 Bengkulu Selatan dipersilahkan untuk menikmati hidangan hasil dari kreasi seni anak didik tersebut.


Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Dr. Hj. Zannatun Na’imah, S.Ag., M.Pd.I memberi apresiasi positif pada kegiatan praktik siswa dalam pengembangan diri anak ini, dan mengharapkan dukungan guru-guru untuk dapat memberikan contoh serta teladan kepada anak didik bagaimana tata cara makan yang baik serta etika makan dimeja makan sesuai dengan syari’at dan ajaran Rasullah.


“Alhamdulillah pelaksanaan ujian praktek kelas VI (Enam) Tahun Pelajaran 2023/2024 yang diikuti sebanyak 143 siswa-siswi MIN 2 Bengkulu Selatan dari hari pertama sampai dengan hari terakhir berjalan dengan lancar. Kami merasa bangga atas kreasi siswa-siswi di bidang kuliner. Yang terpenting dalam membuat makanan ialah bisa memilih bahan yang bergizi, halal, dan thayyib. Semoga siswa-siswi memperoleh nilai yang terbaik” ucap Zannatun Na’imah.
 


TERKAIT

Berita LAINNYA