Tingkatkan Pemahaman Tentang Puasa Ramadhan, PAI KUA Pondok Kelapa Gelar Bimbingan Penyuluhan

PAI KUA Kec. Pondok Kelapa Drs. H. Rahizal M.Pd melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Kepada MT Desa Harapan Dusun III

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman agama selama bulan suci Ramadhan, Penyuluh Agama Islam (PAI) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa Drs. H. Rahizal, M.Pd mengadakan bimbingan penyuluhan kepada anggota Majelis Taklim Permata Desa Harapan Dusun III, Kamis (14/3).

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Assakinah Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa, dihadiri 15 jamaah Majelis Taklim Permata. Kegiatan diawali dengan pembukaan, pembacaan kalam ilahi, pembacaan shalawat, Tausiyah Ramadhan oleh Drs. H. Rahizal, M.Pd, pembacaan do'a dan penutup, kemudian acara dilanjutkan dengan bimbingan tahsin bacaan Al-Quran bersama. 

Adapun materi bimbingan yang disampaikan pada kesempatan kali ini tentang sejarah disyariatkan puasa Ramadhan, Rahizal menjelaskan secara singkat bahwa pertama kali diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan oleh Allah SWT bagi umat Islam terjadi pada tahun kedua Hijriyah. Ayat yang menjadi dalil kewajiban puasa Ramadan terdapat dalam Al-Quran, yaitu Surat Al-Baqarah ayat 183.

Allah SWT berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

Rahizal juga memaparkan bahwa sebelum turunnya ayat yang mewajibkan puasa Ramadhan, umat Islam biasa berpuasa pada tanggal 10 Muharram atau yang dikenal dengan hari Asyura. Kemudian proses pelaksanaan puasa Ramadhan yang diwajibkan bagi umat Islam tidak disyariatkan sekaligus sebulan melainkan dilakukan secara bertahap. Seperti yang disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits Nabi SAW.

Terpisah, Drs. H. Rahizal, M.Pd menyatakan bahwa kegiatan bimbingan penyuluhan merupakan bagian dari upaya KUA Kecamatan Pondok Kelapa dalam meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan di masyarakat, khususnya dalam bulan Ramadhan ini. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan umat Islam di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa.


TERKAIT

Berita LAINNYA