Tingkatkan Minat Baca Al-Qur'an , MTsN 1 Rejang Lebong Luncurkan Program Belajar Mengaji

Rejang Lebong (HUMAS)---- Dalam upaya memberantas buta aksara membaca Al Qur'an 'an serta meningkatkan minat baca Al Qur 'an, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rejang Lebong (MTsN 1 RL) melakukan program belajar mengaji. Progam Kegiatan ini telah diikuti oleh seluruh siswa dan siswi MTsN 1 RL, dilaksanakan setiap hari 10 sampai 15 Menit setelah shalat Dhuha ataupun jam istirahat.(24/09)

program yang telah bejalan hampir 2 bulan ini membawa dampak ke arah yang lebih baik bagi siswa siswi MTsN 1 Rejang Lebong khususnya minat baca Al Qur 'an pada para siswa. Hal ini terbukti sudah banyak siswa yang mendatangi guru pendamping mengaji nya untuk belajar mengaji supaya mereka lebih paham bagaimana membaca Al Qur'an bagi siswa siswi ya h sudah mengaji di Al Qur'an. Dan bagi siswa siswi yang masih belajar Iqra agar mereka lebih paham lagi tentang makhroj serta ilmu² tajwid.

Guru pembimbing atau pendamping memberi catatan hasil evaluasi dari mengaji setiap siswa didiknya. Sehingga setiap kali siswa tersebut belajar mengaji akan ada hasil yang dituangkan dalam buku tersebut.

"Kita menginginkan dalam Kegiatan ini, anak didik nantinya akan mengenal dan tau bagaimana cara membaca Alqur'an, tidak hanya membaca tapi juga bisa memaknai arti dari bacaan Al Qur'an itu sendiri, yang memang harus kita tanamkan sedari dini", ucap pak Waka Kurikulum Eko Aguspriyanto, M.Pd.

Ditambahkan juga oleh pak Waka Kesiswaan Sucipto, S.Pd.I bahwa untuk membuat anak-anak bisa mengenal dan memahami Al Qur'an tentunya tidak hanya menjadi beban guru di sekolah saja, akan tetapi peran orang tua juga menjadi indikator keberhasilan agar anak anak dapat mencintai Al Qur’an.

Butuh sinergi antara orang tua dan guru, agar cita - cita kita menjadikan anak didik yang paham Al Qur’an sedari dini ini akan berhasil, perlu dukungan dan kerja sama bersama. Kegiatan ini sangat didukung penuh oleh Kepala Madrasah Yuhmir, M.Pd.I. "Program tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dan sinergitas antara semua pihak. Maka dari itu setiap guru di MTsN 1 RL mempunyai siswa didiknya dalam belajar membaca Al Qur'an," ujar beliau.(dessi)


TERKAIT

Berita LAINNYA