Tingkatkan Keahlian Guru MIN 4 Kepahiang, Agus Safilin Instrukturi Pelatihan Gasing

Tingkatkan Keahlian Guru MIN 4 Kepahiang, Agus Safilin Instrukturi Pelatihan Gasing

Kota Bengkulu (Humas)-Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu mengadakan kegiatan Pelatihan Gampang Asyik dan Menyenangkan (Gasing), bagi para guru Madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Kegiatan Pelatihan Gasing ini diinstrukturi oleh Agus Safilin yang merupakan Guru Madrasah Ibtidayah (MIN) 2 Kota Bengkulu. Beliau telah memiliki pengalaman dan keahlian dalam menerapkan metode Gasing. Dengan tema  Sosialisasi Pengembang Kapasitas Diri ”Pelatihan Metode Gasing”, kegiatan ini berlangsung di MIN 4 Kepahiang,  Selasa, 20 Agustus 2024.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran guru di MIN 4 Kepahiang. Dengan memperkenalkan dan mengimplementasikan Metode Gasing sebagai metode pembelajaran matematika yang efektif. Adapun Metode Gasing ini dikembangkan oleh Prof. Yohanes Surya.

Metode ini bertujuan menyederhanakan pemahaman konsep matematika, menjadikannya lebih mudah, menyenangkan, dan interaktif. Dengan metode ini, diharapkan kemampuan numerik siswa dapat meningkat secara signifikan melalui pendekatan yang kreatif dan interaktif.

“Kita terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia. Pelatihan Matematika menggunakan Metode Gasing ini diharapkan dapat diterapkan di sekolah masing-masing dan membantu para pelajar dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami". Ungkap Agus Safilin.

Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kecakapan mengajar para guru pendidikan madrasah, yang terbukti menambah kepercayaan diri dan pemahaman mereka. Guru-guru yang telah dilatih menunjukkan peningkatan kemampuan mengajar yang lebih baik dan mampu berbagi ilmu kepada guru dan siswa lainnya. Selama kegiatan, peserta dibekali dengan keterampilan mengajar 8C Gasing: Critical thinking, Communication, Collaboration, Creativity, Culture, Character, Computational Logic, dan Compassion.

Pendekatan ini memudahkan peserta pelatihan untuk mengaplikasikan pembelajaran matematika yang selama ini dirasa sulit menjadi lebih gampang, asyik, dan menyenangkan. Selain itu, peserta juga menerima pelatihan Role-play dan Micro-teaching, yang mencakup suasana belajar mengajar, strategi pengajaran yang efektif, serta penggunaan Metode Gasing dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan Kementerian Agama  yang berupaya terus berinovasi dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas pengajaran guru.

Terpisah, disampaikan oleh Kepala MIN 2 Ach. Jainuri "Rasa bangga kami kepada Agus Safilin salah satu guru MIN 2 Kota Bengkulu yang telah memberikan kontribusi bagi pendidkan dengan melaksanakan Pelatihan Gasing. Hal ini sangat membantu meningkatkan kompetensi para guru dan anak didik di MIN 4 Kepahiang”. Para Ach. Jainuri.

"Saya berharap Pelatihan Gasing ini dapat memupuk semangat guru untuk terus berkreasi dan berinovasi demi anak-anak Indonesia". Pungkas Ach. Jainuri. (Devi/PopiHumas)


TERKAIT

Berita LAINNYA