Sinergi Kemenag, Pemkab dan Baznas Bengkulu Tengah Lebaran Yatim Berbagi Cinta Berlimpah Berkah Tahun 2024

Lebaran yatim diharapkan mampu menjadi simbol aktivitas zakat dan wakaf di indonesia dimana masyarakat

Bengkulu Tengah, (Humas), Sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan partisipasi umat dalam berzakat, Kementerian Agama kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan program bersama para stakeholder zakat untuk bergerak secara bersama demi memberikan manfaat yang jauh lebih besar. Program tersebut dilakukan pada hari selasa tanggal 16 Juli 2024 dan serentak diilakukan di seluruh Indonesia..

Program yang bertema Lebaran Yatim Berbagi Cinta Berlimpah Berkah, yang nantinya akan menjadi wadah bagi Kementerian Agama, Pemerintahan Daerah, Lembaga Zakat, dan Lembaga Terkait untuk dapat terhubung secara langsung dengan masyarakat dalam satu momentum kebersamaan bulan muharram adalah idul yatama atau lebaran anak yatim.

Lebaran yatim diharapkan mampu menjadi simbol aktivitas zakat dan wakaf di indonesia dimana masyarakat, lembaga zakat, dan pemerintah berhasil membangun sinergi dan kolaborasi dalam memberdayakan zakat dan wakaf demi kemashalatan umat. Kegiatan Lebaran Yatim : Berbagi Cinta Berlimpah Berkah terdiri dari serangkaian kegiatan Penyaluran Bantuan Kepada Yatim & Difabel dan dicatatkan dalam MURI serta Kick Off Program Pemberdayaan Ekonomi Umat, Kampung Zakat, dan Inkubasi Wakaf Produktif

Menurut kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah Dr.H Zainal Abidin, MH, "Lebaran anak yatim merupakan momen istimewa untuk berbagi kebahagiaan dan kasih sayang dengan anak-anak yatim piatu, mereka yang kehilangan orang tua dan membutuhkan uluran tangan. Tentu momen tidak dilupakan, karena hal ini menjadi salah satu cara untuk berbagai kebahagiaan dengan anak Yatim. Dalam Islam, menyantuni anak yatim adalah amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah SAW pun sangat menyayangi anak-anak yatim dan senantiasa memberikan perhatian khusus kepada mereka" ucapnya.

Pada kegiatan tersebut secara simbolis paket bantuan yang disalurkan berupa bantuan sembako yang dihimpun dari OPD-OPD di lingkungan Pemkab Benteng melalui pengumpulan zakat BAZNAS serta perlengkapan anak sekolah yang dihimpun dari Kemenag Bengkulu Tengah. Menurut Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Dr. Rusman Saleh,M.Pd, secara simbolis kita berikan kepada anak yatim pada kegiatan puncak yang berlangsung pada tanggal 16 Juli di Gedung MPP. Selanjutnya nanti pihak BAZNAS yang akan mendistribusikan lagi kepada anak yatim di wilayah-wilayah Bengkulu Tengah. ‘Masyarakat perlu terus diedukasi mengenai pentingnya berbagi dengan anak yatim. Sosialisasi dan program edukasi di masyarakat dapat membantu meningkatkan kesadaran akan tradisi ini “ imbuhny


TERKAIT

Berita LAINNYA