Sah Diresmikan! 3 Gedung SBSN Kemenag KAUR siap digunakan

HUMAS (KAUR) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Dr. H. Muhammad Abdu, S.Pd.I., M.M. didampingi Bupati Kabupaten Kaur H. Lismidianto, S.H., M.H dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur H. Irawadi, S. Ag., M.H. meresmikan Gedung Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), Ruang Kegiatan Belajar (RKB) Madrasah Aliyah Negeri Kaur, Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Nasal. Kegiatan peresmian tiga gedung SBSN tersebut dipusatkan di satu tempat yakni di lokasi bangunan Gedung SBSN PLHUT, Komplek Perkantoran Padang Kempas, Bintuhan, Senin ( 20/11/2023 ).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Kaur, Pejabat Eselon III Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Wakapolres Kaur, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Badan Pertanahan, Kepala Badan Pusat Statistik, Ketua Pengadilan Negeri Bintuhan, Ketua MUI Kabupaten Kaur, Seluruh Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan, dan pejabat eselon IV Kantor  Kementerian Agama Kabupaten Kaur serta seluruh ASN dan PPNPN di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur.

Kakan Kemenag Kaur H. Irawadi, S.Ag., M.H. dalam laporannya menyampaikan rasa syukurnya karena seluruh proses pembangunan 3 gedung SBSN yang ada di Kabupaten Kaur pada tahun 2023 ini dapat diselesaikan tepat waktu.

“Alhamdulillah semua proses pembangunan 3 gedung SBSN yang didapat Kemenag Kaur tahun 2023 ini dapat kita rampungkan tepat waktu sesuai dengan juknis yang yang telah ditetapkan sehingga hari ini bisa diresmikan sebagaimana akan kita saksikan bersama” sampai Irawadi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu saat meresmikan gedung SBSN mengapresiasi Kantor Kemenag Kabupaten Kaur yang telah menyelesaikan pembangunannya dengan cepat dan tepat beriringan dengan pembangunan gedung-gedung SBSN di Kabupaten lain, sehingga tahun 2023 ini provinsi Bengkulu menempati posisi pertama dalam penyelesaian pembangunan Gedung SBSN se- Indonesia,

“Posisi pertama yang provinsi Bengkulu raih ini bukan sekedar posisi angka tapi ini menjadi prestasi luar biasa, sehingga di tahan 2024 provinsi Bengkulu akan mendapatkan alokasi pembangunan Gedung SBSN lagi termasuk Kabupaten Kaur akan mendapatkan 2 bagunan SBSN yaitu KUA Kecamatan Luas dan RKB MTsN 1 Kaur” jelas Abdu dengan bangga.

Abdu jugan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu untuk mendapatkan pembanguanan infrastruktur dengan skema pembiayaan SBSN sehingga Kemenag dapat meningkatkan efektifitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan diresmikannya gedung SBSN di Kabupaten Kaur, nantinya dapat digunakan fasilitas ini dengan baik, agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin melakukan layanan haji, sehingga ke depannya layanan haji Kabupaten Kaur akan lebih baik lagi,” ujar Kakanwil.

Pada kesempatan yang sama Bupati Kaur menyampaikan beberapa hal diantaranya Pemeritah Daerah Kabupaten Kaur mengucapkan selamat telah diresmikannya Gedung SBSN PLHUT, RKB MAN Kaur, serta Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Nasal oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kaur.

“Dengan adanya Kantor PLHUT ini percepatan layanan, efesiensi pelayanan dan akurasi layanan untuk masyarakat kabupaten kaur dapat dilaksanakan dengan baik sebagai upaya mendukung kabupaten kaur yang semakin religious” ucap Bupati.

Lismidianto juga menngucapkan terima kasih kepada Kantor Kemenag Kaur yang terus bersinergi dengan Pemda Kaur dalam mewujudkan kabupaten kaur yang religious, meluai dari penyelenggaraan event keagamaan hingga percepatan pembangunan infrastuktu keagamaan.

“Senirgitas tersebut telah dibuktikan dengan keberhasilan kabupaten kaur dalam menggelar MTQ tingkat provinsi Bengkulu pada tahun lalu, terbangunnya gedung SBSN, hingga mewujudkan pemberantasan buta aksara Al-qur'an melalui penyuluh agama Islam di wilayah kecamatan se-kabupaten kaur” jelas Lismidianto.

Peresmian Gedung SBSN ini ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah hibah dari Bupati Kaur Kaur kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur, Pemotongan pita, hingga peninjauan langsung Gedung SBSN yang telah rampung dibangun. (Roby/Endang)


TERKAIT

Berita LAINNYA