Safari Jum'at KUA SBI , Kepala KUA Ingatkan 4 Pesan Rasulullah SAW

REJANG LEBONG (HUMAS) — Pada Jumat, 13 September 2024, Kepala KUA Kecamatan Sindang Beliti Ilir, Bapak Kendradinan, M.H.I, menyampaikan pesan persatuan dalam khutbah Jum'at di Masjid Darusalam, Desa Lubuk Belimbing 1. Dalam kesempatan tersebut, beliau menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai ukhuwah dan persaudaraan di tengah tantangan ekonomi yang semakin sulit.

Dalam khutbahnya, Bapak Kendradinan mengajak masyarakat untuk tetap teguh pada nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang diteladankan Rasulullah SAW. “Marilah kita menjaga nilai-nilai yang diteladani Rasullullah SAW, 1) Berkata yang baik, atau diam , 2) jangan marah, bersabarlah, 3) hiduplah yang bermanfaat, 4) cintai saudaramu sebagaimana engkau mencintai dirimu sendiri," ujarnya.

Beliau menegaskan bahwa persaudaraan adalah fondasi kehidupan damai dan bahagia. Islam mengajarkan kasih sayang kepada semua makhluk ciptaan Tuhan, baik manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan dan lingkungan. "Di antara bentuk kasih sayang dalam ajaran Islam adalah berkata-kata yang baik. Perkataan yang baik mendatangkan kebaikan dan dapat meninggikan derajat, baik di sisi Allah maupun di tengah masyarakat," tambahnya.

Bapak Kendradinan juga mengingatkan agar kata-kata kita tidak menimbulkan kekacauan di masyarakat dan merusak hubungan harmonis. "Siapa pun yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia mengucapkan perkataan yang baik atau diam," ungkapnya, merujuk pada hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Di akhir khutbah, Bapak Kendradinan menutup dengan pesan ukhuwah dan mengingatkan bahwa kita semua adalah saudara. "Semoga kita menjadi pribadi yang baik dalam perilaku dan tutur kata. Semoga kita digolongkan sebagai orang yang beriman, dan ingatlah, orang yang beriman bukanlah mereka yang suka mencaci atau melaknat," pungkasnya. Beliau berharap pesan ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menghindari konflik yang timbul akibat kepentingan pribadi, keluarga, atau golongan di masyarakat Kecamatan Sindang Beliti Ilir.(aminah)


TERKAIT

Berita LAINNYA