Kemenag

Peringati Nuzul al-Quran MTsN 3 BS, Bagi Sembako

Bengkulu selatan (Humas) – Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya al-Quran atau yang dikenal dengan nuzulul Quran. Lazimnya umat muslim memperingati Nuzul Al-Quran dengan mengundang penceramah, khataman Al-Quran, perlombaan, dan acara lain untuk lebih dekat dan memahami Al-Quran sepenuhnya. Dan acara ini padaumumnya diperingati sekitar tanggal 17 Ramadhan berdasarkan pendapat umum dari mazhab syafii yang banyak dianut di Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mendatangkan penceramah dari luar madrasah,pada peringatan nuzul Al-Quran di MTsN 3 Bengkulu Selatan tahun ini yang dilaksanakan pada Kamis, 18 Maret 2024/18 Ramadhan 1445 H mempunyai beberapa rangkaian kegiatan yang dimulai dengan salat Ashar berjamaah, pembagian sembako bagi siswa/i yang kurang mampu, penampilan tim rebana, ceramah bertema nuzul Al-Quran dari perwakilan masing-masing kelas, berbuka puasa bersama, dan diakhiri dengan solat magrib berjamaah. Kegiatan yang bertempat di Aula MTsN 3 BS ini diikuti oleh seluruh guru dan siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Dalam sambutannya, Kepala MTsN 3 BS, menyampaikan bahwa acara peringatan nuzul Al-Quran tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, “Acara peringatan nuzul Al-Quran tahun ini kita tidak mengundang penceramah, karena semua kita harus berani tampil dan bermental baja untuk menyampaikan ilmu yang telah diperoleh di madrasah sebagai persiapan untuk terjun ke masyarakat nantinya.” Beliau juga berpesan dan mengajak seluruh peserta didik dan guru agar dapat terus membaca al-Quran dan tidak pernah bosan untuk mempelajari cara membaca al-Quran dengan baik dan benar dan tentunya mengamalkan isi kandungan al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Ada delapan penceramah yang mewakili 9 kelas yang tampil pada acara kali ini, yaitu Apriza Nur Hasifa (8c), Suci Sasmika (8a), M. Kholiq Al-Alim (9c), M. Wiratama (9a), Sindi Oktavia (9c), Trista Cahaya Rahmadania (8c), Cici (9b), Keyla (7c), dapat disimpulkan, dalam ceramahnya, mereka menyampaikan bahwa al-Quran merupakan surat cinta Allah untuk umat manusia yang menjadi pedoman hidup agar menggapai kehidupan yang bahagia di dunia dan bahagia di Akhirat. Oleh karena itu, ada beberapa kewajiban umat Islam terhadap al-Quran, yaitu membaca, mengamalkan, dan mengajarkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini juga dalam rangka mempererat silaturahmi antara guru dan siswa serta menyemarakkan bulan Ramadhan sehingga rasa kekeluargaan menjadi semakin kuat untuk tetap bersemangat menggapai visi MTsN 3 BS yaitu ”Terwujudnya Siswa Siswi yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas dan kompetitif”, harap Wardan.


TERKAIT

Berita LAINNYA