Perdana awal September PLT KUA Lubuk Sandi Turun Langsung Pandu Prosesi Akad Nikah: Penghulu Beri Pesan Bijak Bangun Rumah Tangga Bahagia

Seluma(Humas)- Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang laki-laki dan perempuan sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa.  PLT KUA Lubuk Sandi pimpin langsung acara ijab qabul pernikahan Antara Alung Gunawan Santoso dengan Siti Rohana Harahap pada Minggu (01/09). Acara ini berlangsung dikediaman mempelai Wanita desa Tanjung Kuaw. 

Dalam kesempatan ini Ardiyansyah penghulu KUA lubuk Sandi juga memberikan nasihat kepada kedua mempelai tentang pentingnya membangun rumah tangga yang harmonis, berdasarkan nilai-nilai agama dan kekeluargaan. Beliau juga menegaskan pentingnya kesetiaan dan saling mendukung di dalam mengarungi bahtera rumah tangga."Semoga pernikahan kalian berdua menjadi berkah bagi keluarga dan lingkungan sekitar. Jadikanlah setiap masalah sebagai ujian yang mempererat hubungan kalian," tutur Ardi dengan suara penuh keyakinan. Ada 3 hal penting dalam membina rumah tangga yakni:

Niatklah pernikahan ini adalah ibadah kepada Allah SWT.

Perjalanan hidup dalam berumah tangga akan panjang. Oleh karena itu dalam rangka menyiapkan diri menuju kearah itu perlu memantapkan niat untuk menikah karena ibadah pada Allah SWT. Menikah itu yang pasti, jangan niat menikah hanya untuk coba coba. Bahaya, karena menikah bukan untuk bahan percobaan atau main main.

Kaum lelaki adalah pemimpin

Q.S Annisa ayat:4  berati “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita,

Dalam kehidupan suami-istri ada beberapa hal yang harus ditunaikan oleh keduanya, diantaranya mengatur tanggung jawab suami–istri dalam rumah tangga. Mengatur tanggung jawab antara keduanya menjadi hal penting yang lazim dilakukan agar kehidupan rumah tanga berjalan baik. Patuh dan taat atas perintah suami.

Nikmati setiap proses yang kita jalani. Jangan membanding dg proses kita dengan proses orang lain. Surat ibrahim ayat -7 yang berati : Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” 

Setiap orang pastinya mempunyai cara menikmati hidup yang berbeda-beda. Dengan menikmati hidup, kamu bisa menjadi tenang dan bahagia dalam menjalani proses kehidupan.

Suasana haru menyelimuti pasangan pengantin yang telah melaksanakan prosesi akad nikah. Tampak para tamu yang hadir keluarga dari kedua mempelai yang ingin menyaksikan momen bahagia mereka. Senyum bahagia dan isak tangis terdengar di antara kerumunan yang hadir, saat proses sakral telah selasai dilangsungkan.

Sebagai kepala KUA Selupu IIS menghimbau kepada masyarakat agar bagi calon pasangan yang berniat untuk menikah agar mencatatkannya kepada negara sebagai bentuk bukti sahnya perkawinan yang dimaksud.

Iis juga menegaskan bahwa Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, yang telah diubah dengan UU Nomor 16 Tahun 2019, menjamin hak setiap warga negara untuk membentuk keluarga melalui perkawinan yang sah dan tercatat secara resmi oleh negara. Diakhir iis Mengucapkan Selamat kepada kedua mempelai yang telah melewati masa lajang Semoga sakinah Mawaddah. (Naf/Rt)


TERKAIT

Berita LAINNYA