Peran Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-quran pada Anak-Anak Tpq Al-Iman

Seluma ( Humas) – Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja  Dra. Netti Ehwani untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-qur‟an kepada anak-anak tpq binaannya harus  mempunyai metode-metode yang membuat anak –anak semangat  dan senang dalam membaca dan mempelajari al-quran.Karena kemampuan membaca  Alquran merupakan keterampilan yang harus dipelajari dengan sengaja.

Oleh Karena itu setiap Sabtu dan Minggu Penyuluh Agama Islam Dra.Netti  Ehwani mengajari anak-anak Tpq al-Iman untuk bisa  membaca dan mempelajari  Al-quran. Dalam pengajaran Al-Quran, anak-anak terlebih dahulu belajar huruf-huruf hijaiyah dan kata-kata yang tidak mereka pahami artinya, yang paling penting dalam pengajaran Al-Quran ini ialah untuk menumbuhkan keterampilan membaca Al-Quran dengan baik sesuai dengan kaidah yang disusun dalam Ilmu Tajwid, Ungkap nya.

Dengan adanya dukungan dari guru, orang tua dan lingkungan yang baik merupakan harapan positif demi terwujudnya kesadaran membaca Al-Quran sejak dini pada anak. Taman Pendidikan Al-Qur’an(Tpq) adalah suatu lembaga pendidikan non formal yang terorganisir secara khusus memberikan pelajaran tentang baca tulis Al-Qur‟an dan ibadah-ibadah dasar bagi anak-anak ,ujar Netti. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA