Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Laksanakan Penyuluhan Di Desa Binaan

Seluma (Humas) -Siang ini dengan penuh antusias Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma melakukan kegiatan penyuluhan di MT Darul Ummah yang kebetulan bertempatkan di rumah Nur Amanah desa Tawang Rejo, Kegiatan ini di mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Jum'at, 30/08/2024

Majelis taklim Darul Ummah diadakan setiap seminggu sekali dari rumah ke rumah yang diadakan Door to door atau antar mushollah secara bergantian. Pengajian ini di mulai sekitar jam 14.00 s/d selesai yang terdiri dari 15-20 orang. Adapun rangkaian dalam acara Pengajian ini diawali dengan pembukaan, pembacaan kalam ilahi pembacaan Al barzanji, tausiah singkat dan diakhiri dengan doa penutup. 

Nikma Nur Rohma, S.HI sebagai Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan selain menyampaikan tausiah singkat pada kegiatan ini juga bertugas sebagai MC dan memimpin pembacaan Al barzanji serta sholawat nabi pada acara pengajian rutin ini, Pembacaan Berzanji pada umumnya dilakukan di berbagai kesempatan, sebagai sebuah pengharapan untuk pencapaian sesuatu yang lebih baik. Misalnya pada saat kelahiran bayi, mencukur rambut bayi (akikah), acara khitanan, pernikahan, pengajian dan upacara lainnya, ungkap Nikma.

Sebelum acara penutupan pada pengajian ini Nikma juga mengingatkan bahwasanya menjelang pilkada 27 November mendatang yang di adakan serentak oleh KPU, melalui majlis taklim ini yang berperan setrategis nantinya juga mensukseskan pemilu melalui suara yang di salurkan,  dan dengan kesadarannya telah ikut serta mengkampanyekan pentingnya menyalurkan aspirasi di bilik suara dengan tidak memilih golput, Nikma berpesan agar menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, tentu saja kita berharap pemilu yang akan kita laksanakan berjalan lancar, aman dan sukses. Oleh karena itu perlu dukungan kita semua dan majlis taklim sebagai wadah organisasi keagamaan dan lembaga pendidikan non formal perlu kita fasilitasi agar keberadaannya di tengah masyarakat tetap eksis dan memberikan dampak positif  bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara, ungkap Nikma.

Selaku kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Air Periukan Harun, S.Ag, MH. Juga menuturkan bahwasanya Penyuluhan agama seperti ini memiliki peran penting dalam memperkuat pemahaman keagamaan masyarakat, Harun juga mengatakan bahwa disinilah peran penting majlis taklim untuk menghimbau kepada kader- kadernya dari tingkat bawah sampai pusat guna mensosialisasikan pentingnya penggunaaan hak pilih dalam pemilu nanti. 


TERKAIT

Berita LAINNYA