Pelaksanaan LDKS OSIM MTs Negeri 2 Seluma Masa Bakti 2024/2025

Seluma (Humas) - Kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) oleh OSIM MTs Negeri 2 Seluma berlangsung pada tanggal 12 dan 13 Oktober 2024 dengan tema"
Membentuk Generasi Pemimpin Yang Disiplin, Cerdas, Bertanggung jawab, dan Berakhlak Mulia". Kegiatan LDKS diikuti oleh seluruh pengurus OSIM periode kepemimpinan 2024/2025 yang berlangsung di ruang kelas madrasah dari pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan lancar.

Kegiatan ini dihadiri oleh pembina OSIM MTs Negeri 2 Seluma, Susi Megawati, S.Pd.I dan Supardi,S.Pd.I. Pembina OSIM menyampaikan "dalam sebuah organisasi kita harus mengetahui materi dasar kepemimpinan. Karena dengan mengetahui materi dasar kepemimpinan kita dapat membangun kerja tim yang solid dalam berorganisasi. Latihan dasar kepemimpinan mencakup berbagai aspek materi dalam berorganisasi" ungkapnya.

LKDS tahun ini terdiri atas; 
1. Materi Pengenalan Organisasi OSIM dan Ruang Lingkupnya oleh Supardi, S.Pd.I 
2. Budi Pekerti (Tata krama) dan Ketaqwaan kepada Allah SWT oleh Ibu Pon Samiasih, S.Pd.I
3. Tata Cara Menyusun Proposal dan pelaksanaan Program Kinerja osim oleh Firdaus,A.Ma,
4. Publick Speaking (Tata Cara dan etika Bicara di Depan Umum) Ice Breaking oleh Lusi Susianti Sy, S.Pd
5. Mengatasi Bahaya Kenakalan Remaja Peran Bagi Generasi Muda dalam Duta GENRE/Duta HIV AIDS Propinsi Bengkulu
6. Kepemimpinan dan Keorganisasian oleh Erwan, S.Pd

Erwan, S.Pd dalam materinya menyampaikan “Kalian adalah calon pemimpin masa depan, dan saya harap tak hanya menjadi pemimpin bagi teman-teman kalian tetapi juga menjadi teladan yang baik bagi teman-teman kalian. Karena pemimpin yang baik ialah yang berilmu, beramal, dan berakhlakul karimah,” 

Sebaik baiknya pemimpin ialah yang memiliki sifat shidiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan amanah), dan fathanah (cerdas). Seorang pemimpin yang baik ialah yang dapat memberikan ilmu dan menjadi teladan bagi anggotanya dan masyarakat.

Dalam berorganisasi salah satu sikap kepemimpinan adalah yang terpenting. Tak hanya dapat menumbuhkan rasa solid antar anggota tetapi akan memudahkan kerja tim dalam mengerjakan suatu tugas dan menjalankan organisasi dengan baik dan terstruktur.

Selain itu sikap kepemimpinan dalam beorganisasi dapat memudahkan dalam menghadapi perbedaan-perbedaan antar anggota tim dan memudahkan individu dalam memahami kemampuan diri antar individu.

“Kalian tak akan pernah menjadi orang sukses kecuali kalian mengenali kemampaun diri kalian dan membuktikannya kepada orang lain.” Ujar Erwan dalam penyampaian materinya. Semoga dengan diadakannya LDKS OSIM ini maka akan terlahir pemimpin-pemimpin yang berilmu, beramal dan berakhlakul karimah untuk masa depan. Kegiatan di akhiri dengan Persiapan sholat dan Clean Area oleh seluruh panitia.(Naf/Uti)


TERKAIT

Berita LAINNYA