MTsN 2 Mukomuko Menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

Mukomuko---(Humas) MTsN 2 Mukomuko mengadakan acara Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H bertempat di Mushola Bahrul ‘Ulum, Sabtu  (21/9/2024). Acara yang diikuti oleh seluruh warga madrasah itu mengusung tema ‘‘Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW untuk Membangun Karakter Generasi Muda yang Religius‘‘.

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu acara yang masuk dalam agenda rutin Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tahunan yang biasa diadakan oleh madrasah. Rangkaian acaranya diawali dengan penampilan vocal grup MTsN 2 Mukomuko yang menyanyikan lagu-lagu islami. Dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sholawat nabi dan sari tilawah, sambutan kepala madrasah, doa, dan tausiah agama.

Dalam sambutannya, kepala MTsN 2 Mukomuko Yasir Tugiri, S.Pd.,M.TPd menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bukan hanya sebatas seremonial saja. Melainkan harus mengimplementasikan dan mengamalkan ajaran dan sunnah – sunnah nabi dalam kehidupan sehari-hari. 

‘‘Untuk itu kepada anak-anak sekalian nanti dalam pelaksanaan penyampaian tausiah tolong simak baik-baik, kita sama-sama khidmat dalam menyimak kegiatan hari ini,“tegasnya. Tidak lupa,dihadapan para siswa kepala madrasah juga berkesempatan menyampaikan tentang pentingnya menghormati orang tua dan guru.

Adapun yang bertindak sebagai penceramah yaitu Ustaz Mahfudin. Beliau merupakan alumni MTsN 2 Mukomuko tahun 1999. Di hadapan para jamaah, ustaz Mahfudin juga kemmbali menyinggung pentingnya menghormati orang tua dan guru. Menurutnya, orang tua dan guru menduduki peran yang sangat penting untuk masa depan anak.Orang tua dirumah memberikan nafkah secara lahiriah dan guru di sekolah memberi nafkah secara batiniah.

Selain itu, ustazMahfudin juga menyampaikan bahwa sholawat terbagi menjadi 3. Pertama, sholawat Allah SWT kepada Nabi Muhammad merupakan bentuk rasa kasih sayang Allah kepadanya. Sehingga atas rahmat Allah sehingga Nabi Muhammad SAW bisa memberi safaat kepada umatnya. Kedua, sholawat malaikat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk permohonan agar derajat Nabi Muhammad SAW ditinggikan, agar ampunan dilimpahkan dan penghormatan kepada kedudukan Nabi Muhammad SAW yang luhur.

Ketiga,sholawat kita kepada Nabi Muhammad SAW adalah sebagai bentuk permohonan karena amaliah dan ibadah kita belum tentu diterima oleh Allah SWT,sehingga dengan perantara sholawat kita mengharap dapat syafaat dan meraih Rahmat dan pertolongan dari Allah SWT.[Muhtohar]


TERKAIT

Berita LAINNYA