MTsN 1 Seluma Sukses Gelar Acara Puncak P5 dan Pesta Demokrasi Pemilu OSIM 2023/2024

Seluma (Humas)- MTsN 1 Seluma menggear acara puncak pesta demokrasi pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM periode 2023-2024 pada Jumat pagi, 21/9/2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari implementasi kurikulum merdeka dengan tema “Suara Demokrasi” yang bertujuan untuk menjabarkan nilai-nilai demokrasi. Konsep pembelajaran demokrasi ini menjadi upaya menjadikan peserta didik memiliki karakter sesuai asas Pancasila. Pemilihan Ketua OSIM ini menjadi agenda pertama Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil ‘Aalamin (P5PRA) di MTsN 1 Seluma. Acara ini dikemas benar-benar mirip dengan kegiatan Pemilu. Yakni pemilihan diselenggarakan oleh siswa yang bertugas sebagai Komisi Pemilihan OSIM MTsN 1 Seluma. Para siswa dengan didampingi fasilitator juga merancang aturan dan tahapan “pesta demokrasi” tingkat pelajar MTsN 1  Seluma tersebut.

Dalam pelaksanaanya pemilihan dibagi menjadi dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 272 orang. TPS 1 bertempat di lapangan madrasah, sementara untuk TPS 2 di masjid MTsN 1 Seluma. Sebelum menjalankan tugasnya, seluruh petugas KPPS disumpah oleh Ketua KPO MTsN 1 Seluma agar dapat menjalankan tugas dengan amanah jujur dan bertanggung jawab demi tegaknya nilai keadilan dan demokrasi. Menariknya lagi, masing-masing petugas KPPS juga berkreasi mendesain TPSnya secantik mungkin sehingga seluruh warga madrasah antusias dan semangat dalam menggunakan hak pilihnya.

Kepala MTsN 1 Seluma Isrul Aswanto, S.Pd., dalam sambutannya menjelaskan bahwa dirinya  sangat mengapresasi kegiatan tersebut. Ia berharap agar seluruh siswa dapat mengambil pelajaran penting dari proses demokrasi di madrasah. Karena pemilihan secara langsung seperti ini dapat menumbuhkan sikap demokrasi sejak dini pada siswa-siswi dengan prinsip jujur dan adil serta beliau berharap ketua dan wakil ketua OSIM yang terpilih dapat amanah menjaga nama baik madrasah kedepannya. “Harapanya nantinya dapat menjadi bekal untuk modal terjun bermasyarakat dalam bingkai kehidupan bernegara.’’ujarnya. 

Sementara itu hasil akhir dari perolehan suara pemilihan Ketua OSIM dan Wakil Ketua OSIM MTs  N 1 Seluma  dimenangkan oleh pasangan calon nomor 1 Clara Ladystia Adila dan Izha Tuzia dengan pemerolehan 142 suara, sedangan pasangan calon nomor 2 Julian Anggar Dwi Putra dan Adzkia Nadila Khanzania memperoleh suara sebanyak 117 suara. (Eka/HW)


TERKAIT

Berita LAINNYA