MTs Negeri 3 Kaur Gelar Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Kaur (Humas) - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Kaur mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan di ruang lab komputer MTs Negeri 3 Kaur yang diikuti oleh 22 peserta didik yang merupakan perwakilan dari seluruh siswa MTs Negeri 3 Kaur, Senin (5/08/24).

Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari senin tanggal 05 Agustus 2024 s/d kamis 08 Agustus 2024 dari pukul 08.00 s/d 10.30 WIB. Diawali dengan penjelasan mengenai maksud dan tujuan Assesment Kompetensi Minimum (AKM) tersebut.

Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 3 Kaur Sarif Ahmad, M.Pd menjelaskan bahwa ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah asesmen yang menggunakan komputer secara langsung sebagai media untuk menampilkan dan menjawab soal. Tujuan ANBK adalah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid akan menjadi bahan evaluasi yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran kualitas pendidikan sekolah-sekolah.

“Ada tiga hal yang menjadi penilaian dalam assesment ini, hasil belajar murid yang meliputi literasi, numerasi dan karakter, yang kedua adalah kualitas proses belajar mengajar serta yang terakhir adalah iklim satuan pendidikan, ketiga tiganya wajib dipenuhi oleh madrasah apabila ingin lulus assesmen ini,” Ujar Sarif

Asesmen Nasional Berbasis Komputer disisi lain bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. ANBK juga memberikan gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan untuk fokus pada sumber daya pada perbaikan pembelajaran bersama.

Kepala Madrasah Sarif Ahmad, M.Pd mengungkapkan semoga dengan adanya Simulasi ANBK ini, kesiapan pada pelaksanaan menuju hari H nanti bisa berjalan dengan baik tanpa ada kendala serta dalam pelaksanaan ANBK sesuai dengan tujuan dapat Meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat disetiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar megajar yang dapat meningkatkan hasil belajar santriwan santriwati di Mts Negeri 3 Kaur. (Roby/Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA