MIN 4 Seluma Raih Juara Umum Pemenang Lomba Ibadah Kemasyarakatan Di Kemenag Tingkat Kabupaten Tahun 2024

Seluma (Humas) - Dalam rangka Menyambut HUT RI  ke-79 Kementerian Agama Seluma mengadakan Perlombaan Ibadah Kemasyarakatan Tingkat kabupaten yang diikuti seluruh Madrasah Ibtidaiyah baik negeri maupun swasta di Seluma. Termasuklah MIN 4 Seluma turut andil dalam mengikuti dan memeriahkan perlombaan pada rabu, 14 Agustus 2024. Lomba Ibadah Kemasyarakatan itu meliputi Adzan, Tilawah, Ceramah dengan Tema Moderasi Beragama, Hifzil Qur’an dan Doa Sesudah shalat. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang ke-3 dilaksanakan di Kementerian Agama Kabupaten Seluma.

Di tahun pertama, MIN 4 Seluma hanya berhasil menorehkan kemenangan 3 juara perlombaan. Pada tahun kedua dengan perjuangan dan latihan yang disiplin, alhamdulilah mendapatkan juara umum pertama di semua cabang lomba. Dan pada tahun ini merupakan tahun merdeka, tepatnya senin 26 Agustus 2024 saat pembagian hadiah lomba ibadah kemasyarakatan MIN 4 Seluma kembali bersinar mendapatkan predikat juara umum kembali dengan kemenangan di setiap cabang lomba yaitu do’a sesudah shalat meraih juara 1 dan 2 putri yang dibimbing oleh M. Iqbal Albani, S.Pd.I, lomba ceramah mendapat juara 1 dan Adzan juara 2 yang dibimbing oleh Umar Hadi, S.Pd.I, lomba tilawah putra mendapat juara 1 dan 2, tilawah putri juara 3, Hifzil Qur’an mendapat juara 2 putra dan juara 3 putri yang dibimbing oleh Endang Tri Wahyuni, S.H dengan total 9 tropy, uang pembinaan, dan piagam penghargaan.

Umar Hadi S.Pd.I selaku kordinator pembina mengatakan perolehan juara umum tersebut tidak mudah membalikkan telapak tangan butuh perjuangan, pengorbanan, dan Kerjasama yang bai kantar kepala madrasah dengan guru pembimbing, guru dengan guru, pembimbing dengan orang tua murid, pembimbing dengan murid, yang tentu saja Kerjasama yang maksimal di perlukan kerja keras yakni dalam wujud Latihan baik di rumah maupun di sekolah. Apalagi setelah ada pengumuman akan diadakan lomba sangat sempit waktu Latihan peserta lomba, hanya ada waktu 5 hari. Tetapi karena disiplin Latihan, dukungan dari berbagai pihak. Alhamdulillah MIN 4 Seluma ditetapkan sebagai juara umum pada tahun ke 2 dan 3. Semoga bisa dipertahankan pada tahun berikutnya.

Tiga siswa MIN 4 Seluma mengaku sangat tidak percaya bahwa dan terdiam saat panitia mengumumkan bahwa mereka mendapat juara 1 ceramah dengan tema moderasi beragama sebagai alat pemersatu bangsa, juara 1 dan 2 do’a seudah shalat. Mereka adalah M. Alif Rahman, Farisyah Nada Zalfa, dan afifa Naura Salsabila. Menurut mereka lomba ini sangat sulit, waktu singkat, dan baru pertama kalinya diadakan pada tahun ke 3 ini. Saat tampil peserta diwajibkan tidak boleh melihat teks. Tetapi berkat keyakinan dan percaya diri mereka akhirnya dinobatkan sebagai pemenang oleh juri yang sangat professional di bidangnya baik dari Kementerian agama, KUA, maupun dari lembaga ke Islaman lainnya.

Sementara itu Samsuriyadi, S.Pd.I sebagai Kepala MIN 4 Seluma sangat mensupot peserta dari MIN 4 Seluma dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan, konsumsi, dan transport dalam kegiatan Lomba Ibadah Kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Kemenag Seluma yang bertujuan untuk menciptakan silahturahmi antar satuan pendidikan dan menjadikan anak anak sebagai generasi penerus yang berkompeten di bidang pengetahuan yang Islami. (Eka/Umh)


TERKAIT

Berita LAINNYA