MIN 1 Rejang Lebong Perluas Wawasan Matematika Melalui Pengenalan Sempoa

 Siswa-siswi MIN 1 Rejang Lebong saat mereka diperkenalkan dengan metode pembelajaran “Sempoa”

Rejang Lebong (Humas) – Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong mendapatkan pengalaman belajar yang unik dan mendalam saat mereka diperkenalkan dengan metode pembelajaran matematika yang tradisional namun efektif, yaitu “Sempoa” dari Lembaga Privat Sempoa SIP di halaman madrasah, Rabu (22/11).

Siswa-siswa kelas 1 s.d 6 MIN 1 Rejang Lebong terlibat dalam sesi pengenalan sempoa. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya madrasah untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang beragam dan menarik bagi para siswa serta memperluas pemahaman matematika dan meningkatkan keterampilan berhitung para siswa.

Sempoa adalah alat bantu hitung tradisional yang berasal dari Tiongkok dan telah digunakan selama berabad-abad. Dengan menggunakan sempoa, siswa dapat mengembangkan keterampilan berhitung, meningkatkan daya ingat, dan mengasah kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode ini diyakini dapat membantu siswa memahami konsep-konsep matematika secara lebih mendalam.

Kepala MIN 1 Rejang Lebong, Mufidatul Chairi, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya sebelum sosialisasi, dirinya mengajak para siswa dapat mengikuti sosialisasi dengan semangat dan antusias tinggi, “Bunda berharap anak-anak bunda dapat meningkatkan semangat dan minat belajarnya dengan adanya sosialisasi dari kakak-kakat Sempoa SIP, semangatlah dalam mempelajari semua ilmu, bahkan bila perlu sampai ke luar negeri seperti ke Jepang” kata Mufidatul.

Mufidatul Chairi, S.Ag.,M.Pd.I, menambahkan kegiatan pengenalan sempoa ini merupakan bagian dari sosialisasi dari lembaga privat Sempoa SIP sebagai inovasi dalam pendidikan matematika di madrasah. Beliau menekankan pentingnya memberikan pengalaman belajar yang berbeda untuk membantu siswa mengembangkan potensi matematika mereka.

"Sempoa bukan hanya alat hitung konvensional, tetapi juga merupakan jendela menuju pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep matematika. Kami berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswa kami dapat meningkatkan keterampilan berhitung mereka dan meraih prestasi yang lebih baik dalam pelajaran matematika," tambah Mufidatul.

Kegiatan sosialisasi langsung oleh Engga Yala Pratama, SH, selaku Director Sempoa SIP TC Talang Rimbo dengan memperkenalkan nama-nama anggota tim Sempoa SIP kepada para siswa, kemudian dilanjutkan dengan senam otak/ brain gym disertai musik, setelah itu tim mulai memperkenalkan alat hitung sempoa kepada para siswa.

Dalam sosialisasi tersebut, para siswa belajar untuk mengetahui bagian-bagian dari sempoa, nilai-nilai angka yang ada pada sempoa, dan dasar cara berhitung dengan menggunakan sempoa. Selain itu, kegiatan juga lebih menarik dikarenakan tim Sempoa SIP memberikan hadiah kepada siswa yang berani untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait sosialisasi sempoa yang diberikan oleh tim.

Dengan pengenalan sempoa sebagai salah satu cara inovatif untuk memperdalam pemahaman matematika, MIN 1 Rejang Lebong berkomitmen untuk terus menyediakan pendekatan pembelajaran yang beragam dan menarik bagi para siswa. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat merangsang minat siswa terhadap matematika dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan akademis di masa depan. (Randi Sefto Fanedi)


TERKAIT

Berita LAINNYA