Membangun Demokrasi, MAN 1 Bengkulu Utara Gelar Pemilihan Ketua OSIM

Bengkulu Utara ( Humas ) MAN 1 Bengkulu Utara selalu berkomitmen dalam usaha meningkatkan karakter dan sikap demokrasi para siswa. Salah satunya diterapkan dalam ajang pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM  untuk tahun pelajaran 2024/2025 pada Selasa (17/9/2024).

“Ada dua pasang calon dari kelas X dan XI yang telah terpilih melalui seleksi sebelumnya. Kedua pasangan calon  tersebut adalah, pasangan nomor urut 1 Elsa Alenta dan Rizka Amini sedangkan pasangan nnomor urut 2 Rhavi Herien KP dan Alfatar Berryansyah. Kegiatan ini merupakan salah satu program tahunan dari OSIM dan kesiswaan.

Rangkaian pelaksanaan dimulai sejak 4 September 2024 berupa pengambilan nomor pasangan calon, yang dilanjutkan dengan tes tertulis, tes kesehatan/fisik, tes psikologi, tes mental, tes keagamaan, wawancara, penyampaian visi misi  yang disaksikan oleh seluruh warga madrasah.  Tahapan akhir adalah pemungutan suara yang dilaksanakan secara langsung di halaman MAN 1 Bengkulu Utara dimulai pukul 13.00  hingga 15.30 WIB yang diikuti oleh seluruh warga madrasah mulai dari dewan guru/staf TU, siswa-siswi kelas X, XI dan XII.

“Kita mengajarkan kepada siswa sikap demokrasi dalam organisasi, menggunakan hak pilih sebagaimana kegiatan Pemilu. Teknis pelaksanaannya ada tempat tunggu, pengambilan surat suara, bilik suara, kotak suara, dan tinta. Pemungutan suara dimulai dari seluruh dewan guru dan staf dilanjutkan siswa perkelas. Diakhir pelaksanaan akan dihitung hasil suara terbanyak dan diumumkan, jelas Yudianto Agung, S.Pd selaku  pembina OSIM MAN 1 Bengkulu Utara.

Dari  hasil penghitungan suara pasangan nomor urut 2 Rhavi Herien dan Alfatar Beriyansyah berhasil meraih suara terbanyak mengungguli pasangan Elsa Alenta dan Risqa Amini.

“Semoga pasangan yanng terpilih dapat bekerja dengan baik, melaksanakan program kerjanya, membawa perubahan madrasah ke arah yang lebih baik, tambah M. Hariyanto, M.TPd selaku wakil kepala bidang kesiswaan. ( Apriani )


TERKAIT

Berita LAINNYA