Kemenag

MAN Bengkulu Selatan Laksanakan Upacara Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Bengkulu Selatan (Humas) – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan melaksanakan upacara bendera. Upacara peringatan Hardiknas ini diikuti oleh seluruh guru MAN Bengkulu Selatan, siswa-siswi kelas X dan XI di lapangan upacara MAN Bengkulu Selatan, Kamis (2/05/2024).

Sebagai petugas upacara dipilih dari siswa/siswi anggota OSIM MAN BS. Sedangkan pembina upacara adalah kordinator Pengawas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan, Budi Hartono, S.Ag., M.Pd.I.

Pada upacara tersebut Budi Hartono, S.Ag., M.Pd.I. membacakan sambutan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim “lima tahun bukan waktu yang  sebentar untuk menjalankan tugas pemimpin gerakan Merdeka Belajar. Namun lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai . Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan kearah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” Budi membacakan.

Peringatan Hardiknas menjadi momentum penyemangat bagi siswa-siswi di berbagai sekolah untuk tidak mudah menyerah sebagaimana tema Hardiknas “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar,". 

Upacara berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan pembacaan doa. 

Setelah pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas, pengawas Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan memberikan pembinaan kepada seluruh dewan guru bertempat di ruang guru MAN Bengkulu Selatan. Pengawas Madrasah mengajak seluruh guru untuk berubah dari paradigma tradisional yang menekankan pada hafalan dan ujian standar nasional menjadi satu-satunya metode evaluasi menjadi lebih kontekstual, relevan, dan memberikan ruang bagi pengembangan kreativitas serta keunggulan individu seperti yang tertuang di dalam kurikulum merdeka mengajar.

Diakhir kegiatan pembinaan, kepala MAN Bengkulu Selatan Buyung Kalil, M.Pd. I menyampaikan ucapan terima kasih atas ilmu dan wawasan yang telah diberikan oleh pengawas madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan. 

"Semoga kedepannya MAN Bengkulu Selatan dapat menjadi sekolah penggerak untuk mewujudkan merdeka belajar," tutup Buyung.
 


TERKAIT

Berita LAINNYA