Mahasiswa UIN FAS Magang di KUA Sungai Serut, Syahmul Basil : Disiplin Diutamakan

Mahasiswa UIN FAS Magang di KUA Sungai Serut, Syahmul Basil : Disiplin Diutamakan

Kota Bengkulu (Humas) - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Serut, Syahmul Basil, S.Ag, MH. menerima mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati sukarno (UIN FAS) Bengkulu yang akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Mereka berasal dari Fakultas Syariah, Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak empat orang. Yang akan melaksanakan PPL kurang lebih selama 40 hari kedepan.

Penyerahan mahasiswa PPL ini, langsung dipimpin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Iwan Romadhan Sitorus, M.HI. yang disambut hangat oleh Kepala KUA Sungai Serut beserta jajarannya.

Dikatakan Kepala KUA Sungai Serut, Syahmul Basil, bahwa dirinya menyambut baik adanya mahasiswa magang di KUA, dalam urusan manajemen KUA dari berkas nikah dan sebagainya.

Namun, Syahmul Basil berpesan, agar keempat mahasiswa ini yang paling terpenting wajib mengutamakan disiplin, contohnya, para mahasiwa PPL ini ikut apel pagi dan sore di KUA.

"Saya juga berpesan kepada mahasiswa yang magang ini, agar jangan canggung disini, kalau tidak tau bertanya, jangan diam saja" . Pesan Syahmul Basil saat memberikan arahan ketika penyerahan mahasiswa PPL UIN FAS di ruang kerja KUA Sungai Serut, Senin (12/8/2024).

Selain itu, Syahmul Basil juga berpesan, agar para mahasiswa ini pro aktif di KUA, dalam artian jemput bola, banyak bertanya ke para karyawan di KUA apa yang harus mereka kerjakan selama magang di KUA.

"Saya harap para mahasiswa ini pro aktif di KUA, berbaur dengan para ASN disini, misalnya, bertanya apa yang harus saya kerjakan, jangan sampai hanya menunggu perintah saja, kami binggung kalau kalian seperti itu". Jelasnya.

Sebagai Pamong bagi para mahasiswa yang melaksanakan magang di KUA, Syahmul Basil mengamanatkan kepada M. Supriyono, S.Pd.I, M.Pd. dimana beliau merupakan Penyuluh Madya di KUA Sungai Serut.

Sementara itu, DPL UIN FAS Bengkulu, Dr. Iwan Romadhan Sitorus mengatakan, dirinya mengharapkan bantuan kepada seluruh staf KUA agar memberikan ilmu dan praktek kerja di lapangan sebanyak-banyaknya kepada para mahasiswa yang magang di KUA ini.

Sebab, para mahasiswa ini baru belajar teori saja saat diperkuliahan, kalau untuk praktek langsung mereka masih perlu banyak belajar.

"Mohon bimbingan dan arahan dari Bapak Kepala KUA dan seluruh staf di KUA untuk anak-anak kami yang magang disini, kalau mereka ada salah, marahi saja, tidak apa, karena itu sebagai pembelajaran bagi mereka". Ungkap Dr. Iwan.

Berikut keempat nama mahasiswa UIN FAS yang magang di KUA Sungai Serut, yakni Fatma Nadila, Indah Rahmawati, Kiki Agustiawan, dan M. Hanif. Mereka akan magang di KUA Kecamatan Sungai Serut dari tanggal 12 Agustus sampai 30 September 2024. (Fadian/Humas)


TERKAIT

Berita LAINNYA