KUA Kota Padang Optimalkan Pencatatan Pernikahan dengan Sistem SIMKAH: Layanan Online Mempermudah Proses Administrasi

REJANG LEBONG (HUMAS) ----  Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dalam pencatatan pernikahan, baik melalui sistem offline maupun online. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memastikan ketertiban administrasi pernikahan melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), yang kini menjadi salah satu pilar utama dalam proses pencatatan nikah di KUA.

Chandra Irawan, S.Pd selaku Jfu operator SIMKAH di KUA Kota Padang, memiliki peran penting dalam mendukung Kepala KUA, Efrianto, S.Sos.I., MH dalam menertibkan administrasi pernikahan. Dengan kecermatan dan dedikasi tinggi, beliau berjanji  untuk memberikan layanan optimal demi memastikan tidak ada kesalahan dalam pencatatan pernikahan. "Sekarang, dengan adanya aplikasi SIMKAH online, data langsung terintegrasi ke pusat, sehingga kami harus sangat berhati-hati dalam menginput data calon pengantin yang akan melaksanakan pencatatan nikah di KUA Kota Padang," ujarnya

Penggunaan aplikasi SIMKAH online ini menjadi solusi cerdas dalam era digitalisasi, di mana pencatatan nikah dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat. Menurut Kepala KUA Kota Padang Efrianto, S.Sos.I., MH layanan pendaftaran nikah kini bisa dilakukan secara offline maupun online, sehingga memudahkan calon pengantin (catin) yang tidak perlu repot bolak-balik ke KUA untuk urusan administrasi. "Dengan adanya layanan online ini, catin dapat mengakses informasi dan mendaftar kapan saja dan di mana saja. Ini tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama yang memiliki kesibukan," jelasnya.

Efrianto juga menambahkan bahwa KUA Kota Padang terus berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan akuntabel. Ketertiban administrasi pernikahan menjadi prioritas utama untuk memastikan bahwa seluruh proses pencatatan nikah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, baik dari segi hukum agama maupun hukum negara.(chandra)


TERKAIT

Berita LAINNYA