KUA Kepahiang Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kecamatan

KUA Kepahiang Laksanakan Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Kepahiang (Humas) --- KUA Kecamatan Kepahiang dan KUA Kecamatan Ujan Mas melaksanakan bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan, seperti yang dilaksanakan pada Senin (22/04/2024). Bimbingan Manasik Haji ini dilaksanakan sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan dimulai tanggal 18 April sampai dengan 25 April 2024.

Bimbingan Manasik Haji sendiri merupakan proses pembekalan untuk calon jemaah haji yang dilakukan Kementerian Agama. Kepala KUA Kepahiang, Zulvi Nuryadin, menjelaskan dalam bimbingan manasik haji tingkat kecamatan ini, jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji mulai dari rukun, wajib, larangan, termasuk rencana tahapan perjalanan ibadah haji, kesehatan haji, ibadah di dalam pesawat, dan layanan lainnya.

Adapun kegiatan pembukaan Manasik Haji tingkat kecamatan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Hikmah Kabupaten Kepahiang pada Kamis, 18 April 2024 yang lalu. Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, Drs. Albahri, M.S.I., berpesan kepada seluruh calon jemaah agar senantiasa menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat, serta meluruskan niat dan menyempurnakan ikhtiar dengan penuh keikhlasan semata-mata mengharap ridho Allah SWT guna memenuhi panggilan-Nya.

“Apabila ada yang tidak dipahami dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji, hendaknya tidak ragu untuk bertanya kepada pembimbing manasik haji sehingga bisa mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji. Semakin banyak pemahaman, pengetahuan dan wawasan terkait pelaksanaan ibadah haji akan mempermudah mencapai haji yang mabrur,” sambutnya

Bimbingan manasik haji ini terbagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama yaitu Kecamatan Kepahiang dan Kecamatan Ujan Mas, dan Kelompok 2 terdiri dari Calon Jemaah Haji dari Kecamatan Merigi, Kecamatan Kabawetan, Kecamatan Seberang Musi, Kecamatan Tebat Karai, Kecamatan Bermani Ilir dan Kecamatan Muara Kemumu. Total sebanyak 116 Calon Jemaah Haji yang mengikuti bimbingan manasik haji pada tahun ini. (Yayan ES)


TERKAIT

Berita LAINNYA