Kakan Kemenag Kaur: Safari Ramadhan Sarana Syi'ar Agama

Humas (Kaur) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur Drs. Muhamad Soleh, M.Pd menggandeng jajarannya melaksanakan safari Ramadhan hari Ke Dua di Kecamatan Kaur Tengah, tepatnya di Masjid Al-Muhajirin Desa Masria Baru, Selasa (26/3/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ka. Subbag Tata Usaha Nupajarmansyah,M.Pd., Kepala Seksi Bimas Wislansyah, M.Ap., Kepala Seksi Peny. Zawa Amrina Rosyada,S.Ag., Kasi Papkis Arfan Efendi, S.Pd., Kasi Penmad Mugiem M.Pd , Kepala KUA, Kepala Madrasah, Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP), Serta ASN dan PPNPN di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kaur.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai ajang merajut silaturahmi, membangun keakraban, kekompakan serta memperkuat persatuan umat. Safari Ramadan merupakan momentum penting dalam meningkatkan kebersamaan antar umat muslim dan ajang silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat. 

"Ramadhan ini menjadi momentum bagi kami Kemenag Kaur untuk bersilaturahmi dan menyapa Masyarakat lebih dekat, dalam rangka pembinaan keagamaan dan syi'ar agama," ungkap M.Soleh.

Selain mempererat hubungan dengan masyarakat, Safari Ramadan ini juga menjadi kesempatan bagi Kepala Kantor untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk organisasi kemasjidan, diantaranya Badan Takmirul Masjid (BTM), Unit Pengelola Zakat (UPZ), serta pemerintah desa. Melalui dialog dan kerjasama yang baik, diharapkan dapat terciptanya misi yang sama yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Melalui kesempatan ini saya ingin meminta bantuan kepada kepala desa, termasuk pengurus BTM dan UPZ untuk meningkatkan tata kelola kemasjidan dan pengelolaan zakat yang baik demi kemaslahatan umat", Ujar M.Soleh.

Ia berharap pengelolan manajemen masjid yang baik dapat dilakukan, misalnya penyesuaian antara waktu adzan di masjid setempat dengan jadwal waktu sholat yang dikeluarkan oleh pemeritah dalam hal ini Kementerian Agama.

Hal ini perlu dilakukan menurutnya untuk menumbuhkan rasa keadilan dan kemaslahatan bagi umat, agar terciptanya suasana yang harmonis dan rukun sehingga mendatangkan curahan rahmat dan anugerah dari Allah SWT bagi desa tersebut.

Diketahui, rangkaian Safari Ramadan ini diawali dengan buka puasa bersama Kemenag Kaur dan masyarakat, dilanjutkan dengan Sholat Magrib, Isya, Tarwih, Witir secara berjamaah, Solawat, Tampilan Qasidah oleh Ibu Majelis Taklim dan Siswi MTsN 2 Kaur Serta Ceramah Agama Oleh Ustadz Arfan Efendi, S.Pd. (Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA