Kakan Kemenag Kaur Lakukan Pembinaan Di MTsN 1 Kaur

Kaur (Humas) - Kepala Kemenag H. Muhammad Soleh, M.Pd, didampingi Kasi Penmad Mugiyem, SE., M.Pd dan Salbiya, S.sos. serta ikut hadir juga Pengawas Madrasah Drs. Makmur, lakukan pembinaan kepada guru dan tanaga kependidikan di MTsN 1 Kaur yang bertempat di ruang Guru MTsN 1 Kaur,Selasa (20/8/24).

Acara yang dihadiri seluruh guru dan tenaga kependidikan ini, dipandu langsung oleh Kepada Madrasah, M. Yusuf Azis, M.Pd. Kepala Madrasah berharap kepada kepala Kemenag dapat memberikan pembinaan kepada guru dan tenaga kependidikan  demi kemajuan kita bersama dan demi kemajuan madrasah juga tentunya.

Dalam Sambutan Muhamad Soleh, menyampaikan bahwa sebagai guru dan tenaga pendidikan kita harus tau visi dan misi dari madrasah dan kita harus berusaha bagaimana caranya agar visi misi madrasah tersebut terlaksana/tercapai sesuai apa yang di harapkan.

Selain itu kita harus terus melakukan evaluasi-evaluasi, membentuk tim-tim agar terlaksananya tujuan yang akan di capai, seperti mengadakan implementasi kurikulum merdeka dengan pakar-pakar yang ahli di bidang nya, melakukan rapat evaluasi kinerja, melakukan bimbingan terhadap anak-anak yang memiliki kemampuan-kemampuan dalam bidangnya masing-masing dan lain sebagainya.

Madrasah bersama sekolah umum menjadi ujung tombak pencetak masa depan bangsa, oleh karenanya Kepala Kemenag Kaur menekankan pada kualitas guru dan tenaga kependidikan Madrasah. "Tugas pokok guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi anak didik serta menjadi teladan selain orang tuanya di rumah", Jelas M. Soleh.

Tolak ukur keberhasilan guru bisa dilihat dari output anak didik yang tamat, apakah banyak yang melanjutkan ke jenjang sekolah yang  favorit, selain itu bisa dilihat dari banyaknya even yang diikuti dan kemampuan bersaingnya baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi ataupun Nasional.

"Adapun kompetensi yang harus dimiliki guru antara lain : pendagogik, kepribadian yang bisa diandalkan, Sosial yaitu mampu mempengaruhi anak didik dan berkoordinasi dengan orang tua dan pihak lain, serta profesional dengan sertifikasi dan kompetensi jenjang pendidikan", tutup M. Soleh.

Pembinaan ini dinilai penting untuk MTsN 1 Kaur, "Kami sangat bersykur telah  diberi pembinaan dari Kepala Kemenag, banyak ilmu-ilmu yang di dapat, semoga dengan adanya pembinaan ini guru dan tenaga kependidikan dapat lebih semngat dan lebih giat lagi untuk kemajuan madrasah yang kita cintai ini ", tutup Kepala MTsN 1 Kaur M.Yusup Azis, (Arjus/Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA