Istighosah Tahun Baru Hijriyah, PAI KUA Kepahiang: Mari Memaknai Hijrah Rasulullah

Istighosah Tahun Baru Hijriyah, PAI KUA Kepahiang: Mari Memaknai Hijrah Rasulullah

Kepahiang (Humas) --- Bertepatan dengan 10 Muharram 1446 Hijriyah pada Selasa (16/07/2024), Kepala KUA Kecamatan Kepahiang bersama penghulu dan penyuluh KUA Kecamatan Kepahiang menghadiri kegiatan Istighosah dalam rangka memeriahkan pekan Muharram di Kabupaten Kepahiang.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kepahiang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kephiang, FORKOPIMDA, Pimpinan OPD, dan masyarakat Kepahiang. Istighosah dimulai ba'da Magrib dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang, H. Zurdi Nata, S. IP

Dalam sambutannya,  H. Zurdi Nata S. IP menyampaikan  tahun baru Islam harus dimaknai sebagai momentum muhasabah (introspeksi) maupun transformasi diri untuk lebih berkomitmen kuat menghilangkan kekhilafan dan kesalahan serta berkomitmen penuh untuk senantiasa memperbaiki diri, keluarga dan masyarakat dalam semua ranah kehidupan sesuai tuntunan agama Islam.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Istighosah bersama yang dipimpin oleh KH Mudahari, S.Ag.,M.H., dan kemudian di isi tausiyah singkat oleh Ketua MUI Kabupaten Kepahiang, H. Rabiul Jayan,S.Ag.,M.H.,yang juga merupakan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Kepahiang.

“Tahun baru Hijriyah yang ditandai dengan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, telah membawa perubahan besar terhadap peradaban umat manusia dari zaman jahiliah menuju peradaban madaniah di bawah naungan cahaya Illahi. Sehingga salah satu inti dari peringatan Tahun Baru Hijriyah adalah bagaimana kita dapat memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam, untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, sekaligus engimplementasikannya dengan menebar rahmat bagi semesta alam,” ungkap Rabiul.

Selain itu, Rabiul menambahkan bahwa momentum Tahun Baru Hijriyah juga dapat menjadi wahana untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala, atas nikmat yang telah diberikan selama satu tahun silam dan memohon bimbingan serta perlindungan di tahun-tahun mendatang. Datangnya tahun baru Hijriyah hendaknya semakin menyadarkan kita untuk pandai dan cerdas dalam menggunakan waktu secara benar. (Yayan ES)


TERKAIT

Berita LAINNYA